Sukseskan Program Magrib Mengaji, 150 Guru PAI Ikuti Pelatihan Keagamaan

"Pelatihan keagamaan tersebut bertujuan untuk menyukseskan program tahfidz Alquran dan program Magrib Mengaji di Pasaman yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah setempat"
Bagian Kesra Setda Pasaman melakukan pelatihan keagamaan kepada 150 orang guru (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman melalui Bagian Kesra Setda Pasaman melakukan pelatihan keagamaan kepada 150 orang guru pendidikan agama Islam tingkat SD dan SLTP se Kabupaten Pasaman.

Kegiatan pelatihan keagamaan itu berlangsung selama tiga hari, mulai 13-15 Juli 2018 di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping. Dibuka oleh Bupati Pasaman, yang diwakili oleh Asisten II, M.N. Susilo.

Pelatihan keagamaan tersebut bertujuan untuk menyukseskan program tahfidz Alquran dan program Magrib Mengaji di Pasaman yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah setempat.

Kepala Bagian Kesra Setda Pasaman, Edi Erman mengatakan kegiatan pelatihan mengusung tema "Kita tingkatkan profesionalitas para guru dalam menciptakan peserta didik yang mampu membaca dan menghafal Al-Quran guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

"Pelatihan keagamaan tujuan mensukseskan program tahfidz Al-Quran dan Magrib Mengaji di Pasaman yang sudah dicanangkan" kata Edi Erman, Senin 16 Juli 2018.

Menurutnya, dalam pelatihan itu para guru agama juga diajarkan bagaimana cara membaca Al-Quran dan menghafal Al-Quran dengan benar, serta mengetahui tajwid nya dengan benar.

"Dengan harapan, dari hasil pelatihan ini guru agama dapat menularkan ilmunya kepada anak didiknya. Sehingga anak-anak di sekolah SD, SMP di Pasaman dapat membaca dan menghafal Al-Qur'an dengan baik dan benar. Minimal untuk anak tamat SD harus hafal satu juz, dan SMP hafal dua juz, " jelasnya.

Sementara, Asisten II Setda Pasaman, M. N Susilo mengharapkan agar guru serius dalam menyampaikan program pendidikan, serta mampu membina anak didik mereka di sekolah.

Dengan keseriusan itu, para guru nantinya tentu akan mampu membina dan mendidik anak-anaknya di sekolah. Karena pembentukan karakter itu juga dimulai dari dini.

Peran guru agama sangat penting, mulia dan sangat strategis bagi kemajuan ... Baca halaman selanjutnya