Kota Solok Raih Dua Penghargaan Bergengsi pada Harganas ke XXV

"Apa yang kita terima hari ini merupakan kerja bersama, baik itu dukungan OPD, stakeholder dan tentu semua itu tidak akan terwujud tanpa keikutsertaan masyarakat dalam setiap pelaksanaan program dalam pembangunan keluarga serta perilaku hidup bersih dan sehat"
Wako Solok Zul Elfian menerima penghargaan Satya Lencana Manggala Karya Kencana dari Manko PMK, Puan Maharani (Ist)

MANADO, KLIKPOSITIF - Dinilai berhasil dalam menjalankan program nasional Keluargana Berencana (KB) di kota Solok, Wali Kota (Wako) Zul Elfian Dt. Tianso dianugerahi penghargaan Satya Lencana Manggala Karya Kencana dari pemerintah pusat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Mentri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani pada puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 25 di Graha Bumi Beringin Manado, Sulawesi Utara, Jum'at (6/7).

Terhadap penghargaan itu, Wako Solok Zul Elfian mengaku merupakan buah dari kerjasama dan dukungan semua pihak. Baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun segenap elemen masyarakat kota Solok yang mendukung program KB.

"Apa yang kita terima hari ini merupakan kerja bersama, baik itu dukungan OPD, stakeholder dan tentu semua itu tidak akan terwujud tanpa keikutsertaan masyarakat dalam setiap pelaksanaan program dalam pembangunan keluarga serta perilaku hidup bersih dan sehat," papar Zul Elfian.

Sejumlah indikator penilaian yang ditetapkan BKKBN mampu dipenuhi oleh pemerintah kota Solok, diantaranya penurunan angka kelahiran, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan keluarga, serta peningkatan produktivitas keluarga.

Penghargaan itu semakin lengkap dengan terpilihnya kota Solok yang diwakili kelurahan Sinapa sebagai juara 1 Nasional Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penghargaan Pakarti Utama 1 tersebut diterima lansung ketua TP-PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetty Zul Elfian dari Menko PMK Puan Maharani.

Mendapat penghargaan itu, Ketua TP-PKK menyebutkan, keberhasilan itu merupakan hasil kerjasama seluruh masyarakat kota Solok. Khususnya kelurahan Sinapa Piliang yang menjadi wakil kota Solok baik ... Baca halaman selanjutnya