Bupati Pasaman Ziarah ke Makam Pahlwan Nasional Tuanku Imam Bonjol di Minahasa

"Makam pahlawan nasional asal Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumbar, ini menjadi tempat tujuan bagi wisatawan dari berbagai daerah"
Bupati Pasaman bersama rombongan ziarah ke Makam Pahlwan Nasional Tuanku Imam Bonjol di Minahasa (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis ziarah ke makam pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol di Jalan Pineleng-Kali, Desa Lotta, Kecamatan Pineleng Sulawesi Utara Utara, Jumat 6 Juli 2018.

Makam pahlawan nasional asal Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumbar, ini menjadi tempat tujuan bagi wisatawan dari berbagai daerah. Sehingga menjadi sebuah objek wisata yang ramai dikunjungi.

Bupati Yusuf Lubis kepada petugas penjaga makam pahlawan nasional menyampaikan, atas nama Pemda Kabupaten Pasaman mengucapkan terimasih yang telah menjaga dan merawat makam Tuanku Imam Bonjol.

"Ke depannya, kita berharap agar lebih ditingkatkan lagi kebersihan di lokasi makamnya. Kita juga berharap agar melayani para ziarah dengan baik" harganya.

Pemkab Pasaman akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dan Pemprov Sulawesi Utara untuk pengembangan makam Tuanku Imam Bonjol.

Sementara itu petugas penjaga makam pahlawan nasional, Abdul Muthalib menyampaikan kepada Bupati Pasaman dan rombongan yang terdiri dari sejumlah kepala OPD, di lokasi tersebut terdapat sebuah batu besar yang dulunya digunakan ulama itu untuk solat.

"Bagi wisatawan yang ingin solat di sana, terdapat sebuah musala yang berada di ruangan sebelahnya" jelasnya.

Dijelaskannya, Tuanku Imam Bonjol mempunyai nama Peto Syarif Ibnu Pandito Bayanuddin. Pahlawan Nasional yang lahir pada tahun 1774 di Tanjung Bungo, Bonjol, Sumatera Barat.

Beliau wafat pada 6 November 1854 di Lota Minahasa dalam pengasingan Pemerintah Kolonial Belanda karena berperang menentang penjajahan untuk kemerdekaan Indonesia.

[Man St Pambangun]