Wabup Pasaman Sambut 141 Mahasiswa KKN dari Universitas Andalas

"Atos Pratama menyambut baik sekaligus menerima kehadiran mahasiswa KKN Unand ini"
Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama saat menerima mahasiswa Unand (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Sebanyak 141 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di wilayah Kabupaten Pasaman, Sumbar.

Mereka diterjunkan di lapangan mulai 28 Juni 2018 hingga 8 Agustus 2018 mendatang. Lima kecamatan di kabupaten menjadi lokasi pelaksanaan KKN-PPM para mahasiswa Unand itu, yaitu Kecamatan Bonjol, Simpati, Lubuk Sikaping, Padanggelugur dan Mapattunggul.

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menyambut baik sekaligus menerima kehadiran mahasiswa KKN Unand ini. Selama kurun waktu 40 hari lebih mengikuti KKN, para mahasiswa diingatkan untuk mampu memanfaatkan kesempatan dengan berkreatifitas dan bekerja bersama masyarakat.

"Banyak hal yang bisa digali dari nagari lokasi kegiatan KKN. Daerah-daerah itu butuh sentuhan kreatifitas dari para mahasiswa yang berlatar belakang berbagai disiplin ilmu, sehingga ke depan bisa berkembang lebih baik lagi," kata Atos Pratama, saat menerima kedatangan ratusan mahasiswa Unand, Kamis 28 Juni 2018 sore.

Menurutnya, pelaksanaan KKN-PPM merupakan suatu bentuk kegiatan pendidikan intrakulikuler bagi mahasiswa program strata satu dengan cara memberikan pengalaman belajar hidup dalam masyarakat di luar kampus.

"Program KKN merupakan salah satu media pembelajaran bagi mahasiswa untuk merealisasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah kepada lingkungan masyarakat. Karena itu sampai sekarang masih diwajibkan," sebutnya.

Kepada para camat dan walinagari, Wabup menekankan agar menciptakan kondisi aman dan saling kerjasama antar masyarakat dan mahasiswa, memanfaatkan mahasiswa untuk mendukung program nagari.

"Dan, jangan lupa, Camat dan Walinagari juga harus memfasilitasi kegiatan KKN PPM adik-adik mahasiswa ini. Ajak juga masyarakat untuk menerima mereka dengan baik," katanya.

[Man St Pambangun]