Sidak, BBPOM Sumbar Temukan Makanan dan Minuman Kedaluarsa di Kota Solok

"akanan dan minuman kemasan yang kadarluarsa menjadi incaran tim gabungan"
Wawako Solok, Reinier bersama tim gabungan menyita sejumlah makanan dan minuman kadarluarsa di salah satu minimarket di Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Guna memberikan rasa aman bagi masyarakat, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Pemerintah Kota (Pemko) Solok melakukan inspeksi mendadak terhadap peredaran makanan, minuman serta obat-obatan membahayakan di Kota Solok.

Sidak dilakukan di beberapa mini market yang ada di daerah berjuluk kota beras serambi madinah itu. Makanan dan minuman kemasan yang kadarluarsa menjadi incaran tim gabungan. Termasuk juga obat-obatan yang tidak memiliki izin edar alias ilegal.

Tak ayal, tim gabungan berhasil menemukan sejumlah makanan ringan kemasan, nugget dan minuman kaleng yang sudah habis masa konsumsinya. Tim juga menemukan bahan kosmetik ilegal yang menggunakan registras fiktif.

Makanan dan minuman kadarluarsa serta bahan kosmetik ilegal tersebut lansung diamankan oleh tim gabungan untuk dimusnahkan, sementara pemilik mini market diberikan pemberitahun dan teguran.

Terkait temuan itu, Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier yang terjun lansung bersama tim gabungan, mengajak pemilik mini market maupun pedagang di kota Solok untuk lebih teliti dalam menyediakan barang dagangan yang aman bagi kesehatan masyarakat.

"Dari hasil sidak kita hari ini bersama BBPOM Sumbar, masih ditemukan makanan dan minuman kadarluarsa, meskipun dalam jumlah sedikit, namun perlu jadi perhatian kita bersama sebab mengancam kesehatan masyarakat," sebut Reinier, Rabu (6/6).

Namun, Wawako sangat yakin, tidak ada unsur kesengajaan dari pemilik untuk memang sengaja menjual makanan dan minuman kadarluarsa tersebut. Lebih kepada unsur kekurang telitian dalam memilah dan memilih makanan dan minuman yang dijual.

Untuk itu, ia menekankan ... Baca halaman selanjutnya