Antisipasi Bahan Berbahaya, Pemko Solok dan BBPOM Sidak di Pasar Raya

"Sejauh ini, ketersediaan pangan kita InshaAllah bisa dikatakan masih aman sepanjang puasa dan lebaran nanti dan harganya masih stabil"
Wako Solok Zul Elfian bersama tim terpadu meninjau dan mengambil sampel ikan asin untuk diuji (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menjamin ketersediaan dan keamanan bahan pangan dan makanan yang dijual di pasar raya, Pemerintah Kota (Pemko) Solok bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) dan pengujian sampel, Jum'at (25/5).

Rombongan tim terpadu Pemko, Forkompinda dan BBPOM yang dipimpin lansung Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian mengawali tinjauan ke los daging yang persis berada disamping pasar semi modern. Kedatangan tim terpadu sempat menarik perhatian para pedagang.

Di lokasi tersebut, Wako meninjau fasilitas dan kebersihan lokasi berdagang yang sedikit kurang terperhatikan. Wako juga tak lepas dari silahturrahmi dan diskusi dengan para pedagang sembari mengajak untuk mewujudkan kawasan los daging yang bersih dan higienis.

Usai dari los daging, rombongan yang turut dihadiri Kapolres Solok kota melanjutkan peninjauan dan pengambilan sampel di los ikan dan ayam yang ada di lantai dasar. Memanglah sedikit becek, dan menebarkan sedikit bau kurang sedap, namanya saja los ikan dan ayam.

Tak cukup sampai disitu, tim terus menjelajah seisi pasar raya, sejumlah sampel ikan asin dari beberapa pedagang dibeli oleh tim BBPOM untuk diperiksa, Termasuk juga sejumlah bahan makanan lainnya yang dikhawatirkan rawan menggunakan bahan berbahaya.

"Sejauh ini, ketersediaan pangan kita InshaAllah bisa dikatakan masih aman sepanjang puasa dan lebaran nanti dan harganya masih stabil, kalaupun ada kenaikan, masih dalam batas kewajaran," ungkap Wako Solok Zul Elfian didampingi seluruh tim gabungan.

Jika memang dibutuhkan nantinya, sebut Zul Elfian, Pihak Pemko solok dan pihak terkait lainnya akan melakukan operasi pasar untuk ... Baca halaman selanjutnya