Hidupkan Seni Budaya, Diskominfo Sumbar Sosialisasikan Pemilihan Metrand di Kota Solok

"Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, media tradisional yang dulunya sering digelar mulai berkurang karena tergerus oleh budaya asing"
Wawako Solok, Reinier saat membuka sosialisasi Pemilihan Metrand Terbaik Tingkat Propinsi Sumbar Tahun 2018 di Bappeda Kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Pemko Solok menggelar sosialisasi Pemilihan Media Tradisional (Metrand) Terbaik Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2018, Senin (14/5) di Aula Bappeda Kota Solok.

Sosialisasi diikuti puluhan peserta yang merupakan perwakilan dari Diskominfo Kota Padang, Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kota Sawahlunto, Kabupaten Mentawai dan Kota Solok dan pelaku seni.

Juga turut hadir Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier serta narasumber dari Dirjen Kementrian Kominfo RI, Mulyadi Muthalib, kepala DisKominfo Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid Kominfo Sumbar Indra Sukma serta Budayawan Hasrizal Tanjung.

Wawako Solok Reinier mengatakan, media tradisional bisa dikatakan sebagai sebuah perhelatan seni yang dulu sering dimanfaatkan untuk media hiburan, sekaligus penyampaian informasi paling efektif dari pemerintah kepada masyarakat.

"Media tradisional merupakan alat pendidik masyarakat, media perjuangan dan media keritik sosial, media pembangunan komunikasi maupun informasi lainnya serta pemberdayaan sumber daya manusia," ungkap Reinier.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, media tradisional yang dulunya sering digelar mulai berkurang karena tergerus oleh budaya asing. Untuk itu, perlu adanya pembinaan dari pemerintah daerah dalam upaya melestarikan budaya lokal yang penuh filsafat kehidupan.

"Eksistensi media seni tradisional yang tumbuh dan lahir di kalangan masyarakat saat ini mulai berkurang seiring modernisasi. Padahal, media seni tradisional berfungsi untuk menyampaikan ... Baca halaman selanjutnya