Bupati Pasaman Jamin Seluruh Masyarakat Terdaftar JKN

"program universal health coverage (UHC) JKN KIS bagi seluruh penduduk di Kabupaten Pasaman sudah dicanangkan oleh Bupati Pasaman"
Bupati Pasaman Yusuf Lubis foto bersama usai rapat (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menegaskan komitmennya untuk tetap menjamin seluruh penduduk daerah itu terdaftar program JKN. Namun, keterbatasan anggaran program pro rakyat ini terpaksa ditunda.

"Kita meminta masyarakat untuk tidak risau akan hal tersebut. Kita sempurnakan datanya dulu," ujar Yusuf Lubis, Senin 23 April 2018 di lantai III Kantor Bupati setempat.

Sebab lanjutnya, masih banyak data yang ganda. Selain itu, banyak peserta JKN PBI APBN dan APBD yang sudah bekerja tapi masih terdaftar disitu.

"Kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini akan terus kita tingkatkan. Saya juga minta, setiap data ganda peserta PBI APBN dan APBD program JKN KIS agar segera diperbaiki," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Amdarisman menuturkan, bahwa program universal health coverage (UHC) JKN KIS bagi seluruh penduduk di Kabupaten Pasaman sudah dicanangkan oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis pada 2017 lalu. Bahkan, sejumlah dana sudah dianggarkan guna mendukung pemberlakukan UHC secara bertahap hingga 2019.

"Anggaran awal sudah disediakan sebanyak Rp2 miliar, dimana per nagari akan ditanggung UHC tahap awal sebanyak 200 jiwa per nagari. Tapi, entah bagaimana anggaran ini hilang lagi, kita tidak tahu apa penyebabnya. Mungkin, karena APBD kita defisit, bisa jadi," sebutnya.

Turut hadir dalam rapat itu Sekda M Saleh, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, MB Sjahjadi, Direktur RSUD Lubuksikaping, Dr Yong Marzuhaili. Kemudian Kadis Kesehatan Amdarisman, Kadis Dukcapil Sukardi, Kadis Sosial Efka Emi, Kepala Bakeuda Mulyatmin, Kepala BKPSDM Antoni, Ketua IDI Dr Hamdi serta perwakilan organisasi lainnya.

Terungkap dalam rapat, jumlah penduduk Kabupaten Pasaman sebanyak 315.470 jiwa. 239.220 jiwa atau 75 persen sudah menjadi peserta JKN KIS. Namun, sekitar 76.250 jiwa atau 24 persen penduduk belum terdaftar menjadi peserta JKN KIS.

[Man St ... Baca halaman selanjutnya