Pentingnya Rumah Sederhana Aman Gempa untuk Daerah Rawan Gempa

"Bukan Gempa yang Membunuh, Tapi Bangunannya"
Kegiatan pemberian materi tentang membuat bangunan aman gempa (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Build Change merupakan lembaga nirlaba yang peduli dan mempunyai focus kepada pembangunan bangunan aman gempa, utamanya rumah sebagai tempat tinggal dan sekolah, disamping memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk membantu menciptakan bangunan aman gempa, Build Change terus berkomitmen meningkatkan pengetahuan masyarakat di Indonesia terutama yang tinggal di wilayah rawan gempa, seperti Sumatera Barat dan sekitarnya.

Build Change/Yayasan Bangunan Cemerlang Indonesia dengan dukungan JTI Foundation menjalankan Program BBM (Bata Berkualitas Menguatkan) sejak 2015 dengan pilot project di Kota Padang dan wilayah pesisir barat Sumatera, dimana sejak Mei 2016 implementasi secara penuh telah dan sedang dijalankan sampai dengan April 2019 untuk meningkatkan mutu bata dengan mengacu kepada SNI (Standar Nasional Indonesia).

Pengetahuan tentang pentingnya bangunan aman gempa harus diketahui masyarakat. Selain itu, karena Kota Padang adalah daerah yang rawan gempa, hal itu menyebabkan secara tidak langsung membuat masyarakat wajib untuk memiliki rumah aman gempa. Terlebih, masyarakat Kota Padang memiliki pengalaman buruk saat terjadinya gempa pada 31 Oktober 2009 lalu. Saat itu tidak sedikit bangunan yang runtuh dengan kondisi yang sangat parah, sehingga menimbulkan banyak korban dengan kondisi luka ringan dan berat akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Hal itu tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, Build Change bersama Pusat Studi Bencana (PSB) Unand mengadakan Seminar Rumah Sederhana Aman Gempa dengan pesan, “Bukan Gempa yang Membunuh, Tapi Bangunannya” pada Sabtu (17/3) di Ruang Seminar E, Kampus Universitas Andalas. Hadir sebagai ... Baca halaman selanjutnya