100 Kepala Keluarga di Pasaman Terima Bantuan Pembangunan Jamban Sehat

"penyerahan bantuan jamban sehat merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat melalui lembaga kesejahteraan sosial dan dunia usaha."
Bantuan pembangunan jamban sehat, bantuan dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) dan Baznas Provinsi Sumatera Barat (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Sebanyak 100 kepala keluarga (KK) miskin di empat Kanagarian di Kabupaten Pasaman, Sumbar terima bantuan pembangunan jamban sehat, bantuan dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) dan Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Penerima bantuan 100 jamban sehat ini untuk 25 KK di Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol dan Nagari Sundatar Kecamatan Lubuk Sikaping, 30 KK di Nagari Panti Kecamatan Panti dan 20 KK di Nagari Lubuk Layang Kecamatan Rao Selatan.

Total bantuan pembangunan jamban sehat ini sebesar Rp33 juta, terdiri dari Rp25 juta bantuan Baznas untuk upah tukang pembangunan 100 jamban, dan Rp8 juta bantuan LKKS Provinsi Sumbar untuk 100 jamban leher angsa.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, penyerahan bantuan jamban sehat merupakan salah satu bentuk peran  serta masyarakat melalui lembaga kesejahteraan sosial dan dunia usaha.

Hal ini dapat menunjang dan mendukung program pemerintah di bidang kesehatan. "Kita semua mengetahui, menggunakan jamban bukan hanya untuk nyaman, melainkan juga untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat," ujar Yusuf Lubis.

Bupati menyambut dengan tangan terbuka penyerahan bantuan pembangunan jamban sehat oleh pihak LKKS dan Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, pembangunan jamban sehat ini akan membuat masyarakat semakin sehat. "Kepada masyarakat penerima bantuan, saya berharap dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, rawat dan bangun jemban secara swadaya dan bergotong royong. Jangan lupa, budayakan hidup bersih dan sehat," sebutnya.

Wakil Ketua LKKS Kabupaten Pasaman, Ny Mira Delima mengatakan, biaya pembangunan jamban sehat bagi keluarga miskin itu berkat kerjasama LKKS Sumatera Barat dengan Baznas ditingkat Provinsi dan Kabupaten Pasaman.

"Penyerahan bantuan jamban sehat ini dalam rangka menunjang visi Pemkab Pasaman, yakni terwujudnya masyarakat sejahtera, agamais dan ... Baca halaman selanjutnya