Ini Alasannya Kenapa Bapenda Lebih Tegas dalam Penagihan Pajak Daerah

"Kenaikan target penerimaan pajak daerah ini tentunya membuat kita mesti bekerja keras untuk mencapai target penerimaan yang jumlahnya naik secara signifikan setiap tahunnya"
Kasubid Penagihan Bapenda Padang, Nilson (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pajak daerah termasuk hal yang penting dalam pembangunan suatu daerah, terutama di Kota Padang. Pada 2018, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang sebanyak 60 persen berasal dari pajak daerah yang dibayarkan oleh masyarakat.

Pentingnya pajak daerah ini tentunya membuat pemerintah mesti gigih dalam melakukan penagihan pajak kepada masyarakat yang termasuk dalam wajib pajak pada 11 objek pajak daerah. Selain itu, target penerimaan pajak daerah yang ditetapkan oleh Pemko Padang tiap tahunnya selalu meningkat.

"Kenaikan target penerimaan pajak daerah ini tentunya membuat kita mesti bekerja keras untuk mencapai target penerimaan yang jumlahnya naik secara signifikan setiap tahunnya. Pada 2016 lalu, target penerimaan pajak daerah mencapai sekitar Rp230 Milyar. Sementara pada 2017, target penerimaan naik hingga mencapai Rp334,5 Milyar," kata Kasubid Penagihan Bapenda Padang, Nilson pada KLIKPOSITIF, Kamis (29/3).

Kenaikan target penerimaan itu, kata Nilson, naik hingga 100 Milyar setiap tahunnya. Tentunya itu bukan jumlah yang sedikit yang mesti dicapai oleh Bapenda Padang, apalagi mengingat masih rendahnya kesadaran wajib pajak Kota Padang dalam membayar pajak daerah. Meskipun tiap tahun ada peningkatan pada realisasi penerimaan pajak daerah, tapi cukup sulit bagi Bapenda untuk terus mempertahankan kenaikan realisasi penerimaan itu jika tidak dilakukan penegasan dalam penagihan pajak daerah.

"Oleh karena itu, Bapenda kian mempertegas sikap pada wajib pajak dalam melakukan penagihan. Untuk tahun ini saja, target penerimaan pajak daerah yang mesti kita capai itu naik lagi hingga mencapai Rp400,9 Milyar. Itu jumlah yang tidak sedikit pastinya. Karena itu kini Bapenda tidak akan segan lagi melakukan penindakan pada wajib pajak yang kerap kali 'berulah' dalam mmembayar pajaknya," kata Nilson lagi.

Bahkan, untuk mendukung kinerja Bapenda, ungkap Nilson, Pemko Padang melantik sekitar 20 orang juru ... Baca halaman selanjutnya