Wako Solok: Musrembang Wujud Peran Serta Masyarakat dalam Pembangunan

"Musrembang harus mampu mengakomodir kebutuhan prioritas masyarakat"
Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian menyerahkan penghargaan bagi salah satu kelurahan terbaik dalam pelaksana Musrembang untuk tahun 2019 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Solok untuk tahun 2019 menjadi bagian penting dalam menentukan arah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Musrenbang diharapkan menjadi media dalam mewujudkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Untuk itu, masyarakat dan pihak terkait mesti proaktif mengawal hasil Musrembang hingga terlaksana nantinya, sehingga dampak nyata dari pembangunan yang dilakukan pemerintah memang betul-betul dirasakan seluruh masyarakat, bukan golongan.

Menurut Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian, Musrembang harus mampu mengakomodir kebutuhan prioritas masyarakat. Percepatan pembangunan tertumpang dalam proses musyawarah yang sebelumnya sudah diawali dari tingkat kelurahan.

"Berbagai persoalan dan kebutuhan masyarakat bisa dicarikan solusinya melalui Musrenbang,  karena ekspetasi masyarakat kota Solok sangat besar dalam mendukung pembangunan," ungkap Zul Elfian usai membuka Musrembang Kota Solok, Rabu (21/3) di Kubuang XIII.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota (Pemko) Solok tengah gencarnya melalukan pembangunan infrastruktur penting seperti Rumah Sakit, Gelanggang Olahraga serta pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata dalam menarik kunjungan wisatwan ke kota Solok.

Tidak hanya pembangunan fisik saja yang dikejar oleh Pemko Solok, Pembangunan spritual dan sumber daya manusia juga menjadi prioritas. Hal itu dilakukan melalui berbagai program keagamaan hingga pelatihan dan pembekalan bagi pelaku UMKM.

"Musrembang menjadi momentum untuk menyatukan visi masyarakat dan pihak terkait dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," ... Baca halaman selanjutnya