Pemko Solok Gelar Bimtek Bagi Wartawan

"pers dituntut mampu menyuguhkan pemberitaan yang konstruktif, akurat dan berimbang serta tidak mengandung unsur fitnah"
Wawako Solok Reinier menekankan pentingnya peran Pers dalam membangun daerah (Klikpositif/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Guna mendukung peningkatan kompetensi dan profesionalitas Wartawan dalam menjalankan tugas Jurnalistik, Pemerintah Kota (Pemko) Solok menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi puluhan 'Kuli Tinta' yang bertugas di daerah tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14-15 Maret 2018 di Aula Mami hotel itu, dibuka lansung oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier. Turut hadir Ketua PWI Sumatera Barat Heranof Firdaus, beserta Kabag Humas Setda Kota Solok, Nurzal Gustim, Rabu (14/3).

Wawako Solok dalam paparannya mengatakan, pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Tentunya Pers memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam catatan perjalanan panjang  sejarah Indonesia, sebut Reinier, pers telah mampu memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa. Baik ketika era perjuangan, era kemerdekaan hingga zaman reformasi saat ini.

"Pers merupakan jembatan penghubung antara pemerintah dan masyarakat begitu juga sebaliknya, dan yang tidak kalah penting pers juga menjadi jembatan dengan dunia luar," ungkap Reinier di hadapan Wartawan.

Untuk itu, pers dituntut mampu menyuguhkan pemberitaan yang konstruktif, akurat dan berimbang serta tidak mengandung unsur fitnah. Sebagai sebuah propesi, wartawan harus menjunjung tinggi kode etik dan Undang-undang Pers sebagai aturan dalam menjalankan tanggungjawab.

Diakuinya, pers juga berfungsi sebagai media kontrol pemerintah dalam mengambil kebijakan,  menyampaikan program pembangunan dan kebijakan pemerintah serta menjadi media menyuarakan kepentingan masyarakat banyak.

"Wartawan menjadi jembatan ... Baca halaman selanjutnya