Ini Lima Objek Pajak Bapenda dengan Target Penerimaan Terbesar pada 2018

"PAD Kota Padang dari pajak daerah tahun ini menyumbang sekitar 60 persen"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pada 2018, Pemerintah Kota Padang membuat target pencapaian Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang dengan jumlah Rp400, 9 Miliar. PAD Kota Padang dari pajak daerah tahun ini menyumbang sekitar 60 persen. Jumlah itu mengalami peningkatan dari target penerimaan pajak 2017 yakni 344, 5 Miliar.

Dari 11 objek pajak Bapenda, ada beberapa objek pajak dengan jumlah penerimaan yang besar yang mana akan dipenuhi selama 2018. Objek pajak yang pertama terbesar adalah Pajak Penerangan Jalan, yang mana mencapai hingga Rp114, 9 Miliar. Pajak Penerangan Jalan ini wajib pajaknya berasal dari badan/perseorangan yang menggunakan lampu jalan dengan tujuan tertentu.

Sementara itu, objek pajak kedua terbesar target penerimaannya adalah Pajak Bumi dan Bangunan, yakni berjumlah Rp78 Miliar. Di Kota Padang, menurut data Bapenda pada 2017, ada sekitar 800 wajib PBB yang tersebar di 11 Kecamatan.

Target penerimaan terbesar ketiga Bapenda adalah dari objek pajak (Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) BPHTB, yang mana jumlahnya mencapai Rp67, 8 Miliar. Untuk saat ini, proses pembayaran BPHTB harus langsung dilakukan oleh Wajib pajaknya atau pembeli bangunannya. Hal ini berbeda dengan sebelumnya, yang mana biasanya pembayaran pajak ini dilakukan oleh Notaris yang bersangkutan dengan urusan penjual-belian tanah tersebut.

Objek pajak yang memiliki jumlah keempat terbesar setelah BPHTB adalah Pajak mineral bukan logam/galian C. Jumlah penerimaan pajak ini pada 2018 adalah Rp48 Miliar. Terakhir, Objek Pajak dengan target jumlah penerimaan terbesar adalah Pajak Restoran/rumah makan, yang mana mencapai hingga Rp36 Miliar. (*)