Pemkab Pasaman Terima 53.777 Kartu JKN-KIS

"JKN-KIS ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan."
Penerimaan kartu JKN-KIS (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman melalui Dinas Kesehatan menerima 53.777 kartu kepesertaan JKN-KIS dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi, Selasa, 13 Maret 2018. Ini merupakan iuran yang berasal dari dana APBD setempat.

Penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) JKSS/PBI-APBD itu langsung diserahkan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, MB Sjahjadi kepada Kepala Dinas Kesehatan setempat, Amdarisman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman mengatakan, kartu peserta JKN-KIS ini sudah ditunggu sekian lama oleh masyarakat setempat. Selama ini, kata dia, sejumlah persoalan kerap mewarnai masyarakat di daerah itu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sebanyak 53.777 kartu Indonesia sehat dari BPJS Kesehatan itu akan segera dibagikan ke masyarakat melalui seluruh Puskesmas di tiap kecamatan. JKN-KIS ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Program JKN ini akan kita tuntaskan pada 2018 ini. Sehingga seluruh masyarakat yang belum terdaftar dan memiliki kartu JKN, harus segera terdaftar," ujarnya.

Menurutnya, puluhan ribu kartu JKN KIS tahap satu itu diperuntukkan bagi masyarakat kategori miskin dan tidak mampu menjadi peserta penerima bantuan iuran (PBI) APBD Kabupaten Pasaman Tahun 2018.

"Penerima kartu ini adalah masyarakat miskin dan tidak mampu yang telah dijaminkan kesehatannya oleh Pemda Kabupaten Pasaman" sebutnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, MB Sjahjadi mengatakan, berdasarkan data BPJS Kesehatan, per 1 Maret 2018 jumlah penduduk Pasaman yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS mencapai 236.002 jiwa dari total jumlah penduduk sebanyak 315.470 jiwa.

"Dengan artian, jumlah masyarakat yang telah mengikuti Program JKN – KIS hampir mencapai 74,81 persen. Sisanya, sebanyak 79.468 jiwa penduduk Pasaman belum menjadi peserta JKN-KIS atau sekitar ... Baca halaman selanjutnya