2018, Bapenda Utamakan 'Action' untuk Penagihan Pajak Daerah

"Penagihan pajak daerah ini harus dipertegas. Karena di Kota Padang, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dapat dikatakan masih rendah dan belum naik secara signifikan"
Masyarakat Kota Padang saat melakukan pembayaran pajak di Kantor Bapenda Padang (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pajak daerah adalah hal yang penting untuk menunjang pembangunan daerah. Di Kota Padang, pajak dearah menyumbang sekitar 60 persen untuk PAD Kota Padang pada 2018.

Apalagi pada 2018, Bapenda Padang memiliki target penerimaan yang harus dicapai sebanyak 400 Miliar, yang mana sebelumnya pada 2017 hanya 334, 5 Miliar. Untuk mencapai target tersebut, Bapenda bertekad untuk tidak main-main dalam melakukan penagihan pada Wajib Pajak (WP) yang ada di Kota Padang.

Bahkan pada pertengahan Februari lalu, Wali Kota Padang telah melantik Juru Sita yang nantinya akan bertugas melakukan penyitaan usaha milik WP yang enggan membayar pajak.

"Penagihan pajak daerah ini harus dipertegas. Karena di Kota Padang, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dapat dikatakan masih rendah dan belum naik secara signifikan. Meskipun pada 2017 lalu, Bapenda berhasil mencapai target penerimaan hingga 98, 1 persen, namun pencapaian itu dapat dilakukan berkat kerja keras anggota Bapenda yang tak bosan-bosan turun ke lapangan menemui WP untuk melakukan penagihan," ujar Kepala Bapenda Padang, Adib Alfikri pada KLIKPOSITIF.

Bahkan, hingga 28 Desember 2017, lanjut Adib, petugas Bapenda masih melakukan penagihan pajak ke WP PBB-P2. Oleh karena itu, adanya juru sita tentunya akan membantu kinerja Bapenda Padang dalam mencapai target penerimaan, terutama pada 2018.

Terkait hal itu, Plt Pengendalian dan Pelaporan Bapenda Padang, Wahyu Saufitra juga mengungkapkan bahwa, penindakan pada WP yang 'bandel' sering dilakukan tim lapangan Bapenda Padang.

"Dengan besarnya jumlah target yang harus dicapai Bapenda, 'action' langsung ke lapangan atau menemui langsung WP, terutama menindak langsung mereka yang malas membayar pajak adalah cara yang bagus untuk mengejar pendapatan 2018," tutur Wahyu.

Namun sebelum itu semua, Bapenda terlebih dahulu akan menyebarkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) 2018 kepada WP. ... Baca halaman selanjutnya