KSUBJ Bertekad Menyejahterakan Anggota

"Untuk itu, Proyek BBM melakukan inisiasi dan fasilitasi agar hal ini dapat terwujud, yaitu dengan membangun satu wadah bersama bagi pengrajin binaan Proyek BBM bernama Koperasi Serba Usaha Bata Jaya (KSUBJ) "
Prosesi potong tumpeng dan penyerahan dari Ketua Kopearsi Bata Syamsuar DT. Talanai, kepada Project Manager Better Building Material (BBM) Nura Dirgantara. Sebagai bentuk kerja sama antara KBJ dengan Build Change Indone (Ist)

KLIKPOSITIF - Build Change merupakan lembaga nirlaba yang peduli dan mempunyai fokus kepada konstruksi bangunan aman gempa, utamanya rumah sebagai tempat tinggal dan sekolah, di samping memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk membantu menciptakan bangunan aman gempa, terus berkomitmen meningkatkan kepedulian masyarakat kepada pencegahan terhadap terjadinya resiko akibat gempa di masa mendatang terutama yang tinggal di wilayah rawan gempa, seperti Sumatera Barat dan sekitarnya.

Peran Build Change dalam kaitannya dengan pembangunan rumah aman gempa telah dilakukan sejak 2004, tidak hanya di Indonesia namun juga mancanegara, seperti Phililippines, Guatemala, Colombia, Haiti, dan Nepal. Build Change/Yayasan Bangunan Cemerlang Indonesia (YBCI) dengan dukungan JTI Foundation menjalankan Proyek BBM (Bata Berkualitas Menguatkan) sejak 2015 dengan pilot project di Kota Padang dan wilayah pesisir barat Sumatera, dimana sejak Mei 2016 implementasi secara penuh telah dan sedang dijalankan sampai dengan April 2019 untuk meningkatkan mutu bata dengan mengacu kepada SNI (Standar Nasional Indonesia).

Sebagai wujud komitmen dari Build Change/Yayasan Bangunan Cermerlang Indonesia (YBCI) kepada terselenggaranya praktik konstruksi aman gempa, maka sejak bulan Mei 2016 Proyek BBM (Bata Berkualitas Menguatkan) telah dan sedang dijalankan dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu/kualitas bata yang diproduksi di wilayah rawan gempa di sekitar Sumatera yang memberikan dampak kepada ketahanan bangunan terhadap terjadinya bencana di masa mendatang.

Baca halaman selanjutnya