Disperindagkop Padang Pariaman: KSU Bata Jaya  Termasuk Koperasi yang Sangat Istimewa

"Kuatnya komitmen dan dukungan untuk menghasilkan bata berkualitas, YBCI menjalin kerja sama dengan KSUBJ dalam bentuk kontrak kerja sama mulai Juni 2016 sampai dengan Mei 2019"
Pelatihan pelaksanaan rapat anggota bagi pengurus koperasi yang juga diikuti oleh anggota KSU Bata Jaya (Ist)

KLIKPOSITIF - Koperasi Serba Usaha Bata Jaya (KSUBJ) merupakan wadah organisasi bersama pengrajin bata di Kabupaten Padang Pariaman yang dibentuk atas prakarsa pengrajin dan pemangku kepentingan serta ada dukungan penuh dari Proyek BBM - Yayasan Bangunan Cemerlang Indonesia (YBCI). Koperasi ini didirikan dengan komitmen bersama para pemangku kepentingan pada tanggal 15 Oktober 2015 di Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Kuatnya komitmen dan dukungan untuk menghasilkan bata berkualitas, YBCI menjalin kerja sama dengan KSUBJ dalam bentuk kontrak kerja sama mulai Juni 2016 sampai dengan Mei 2019. Sebelum adanya kontrak lanjutan tersebut, BuildChange juga telah mulai pilot project sejak Juni 2015 sampai Mei 2016, ke pada 47 perajin batu bata untuk membuat bata berkualitas.

Misi utama “Menyediakan Dukungan Fasilitas Usaha yang Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan kepada Pelaku Usaha Batu-Bata Berkualitas di Kabupaten Padang Pariaman guna Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga”, dimana misi tersebut akan dijalankan dengan dilandasi nilai-nilai “Jujur, Kompeten, Transparan, dan Berkeadilan” sehingga dapat mewujudkan visi untuk “Menjadi Koperasi Serba Usaha yang Sehat, Dikelola Secara Profesional dan Transparan guna Mendukung Usaha Batu-Bata Berkualitas yang Berkelanjutan”.

Untuk memenuhi prinsip tata kelola yang baik serta kepatuhan terhadap semua peraturan dan perundangan yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Idonesia, maka sejak 30 Desember 2015 KSUBJ melalui Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Padang Pariaman telah mendapatkan izin dan tercatat secara resmi di Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dengan izin no.: 31/BH/III.3/KPP-ESDM/XII/2015, Dan membuat legalitas Akte Notaris dari Notaris Sulastri, SH Padang Pariaman. Pertengahan bulan Juli 2017 KSUBJ juga telah mendapatkan semua perijinan diantaranya : SIUP, HO ... Baca halaman selanjutnya