2018, Pemkab Pasaman Siap Salurkan Rastra Gratis untuk 18.134 Ribu Keluarga Kurang Mampu

"masing-masing RTSPM akan menerima 10 kilogram beras per bulan atau mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 15 kilogram per bulan"
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bersama Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman tahun ini menggratiskan beras sejahtera (Rastra) bagi warga kurang mampu. Dan program penyaluran bantuan untuk rakyat kecil ini terus menjadi perhatian pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman, Efka Emi. Menurutnya, warga tidak perlu lagi menebus beras sejahtera atau yang dulu bernama beras untuk warga miskin, karena sudah digratiskan oleh pemerintah.

"Pemerintah sudah mengubah status program rastra dari beras bersubsidi menjadi program bantuan sosial. Tahun depan, penerima manfaat rastra tidak diminta uang penebusan lagi," ujar Efka Emi.

Pada 2017 lalu, penerima beras miskin ini masih harus menebus meski dengan harga murah karena disubsidi seharga Rp1.600 per kilogram. Tapi, tahun ini program rastra ini akan disalurkan secara cuma-cuma.

"Sekarang masyarakat tidak bayar lagi, karena sudah digratiskan oleh pemerintah. Upah angkut juga sudah ditanggung oleh pemerintah daerah melalui dana APBD," jelasnya.

Pada tahun ini, masing-masing RTSPM akan menerima 10 kilogram beras per bulan atau mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 15 kilogram per bulan.

"Saat ini, kita (Dinsos) bersama Bulog sedang mensosialisasikan penyaluran rastra tahun ini, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Masyarakat harus tahu tentang ini, biar tidak dimainkan oknum," tegasnya.

Dikatakannya, penurunan jumlah beras yang disalurkan kepada RTSPM, karena pemerintah sudah menggratiskan rastra, sehingga pemerintah daerah tidak lagi membayar Rp 1.600 per kilogram kepada Bulog.

"Ini penting disosialisasikan, masyarakat tidak perlu bayar lagi seperti dahulu. Jangan sampai ada oknum yang menghambat kelancaran penyaluran rastra," katanya.

Tahun ini, jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) di Kabupaten Pasaman berjumlah 18.134 kepala keluarga (KK). Digratiskannya penyaluran rastra ini akan ... Baca halaman selanjutnya