Melek Teknologi, Pemko Solok Luncurkan Aplikasi dan Ruang Monitoring e-Government

"Memberikan pelayanan yang cepat dan akurat merupakan muara dari reformasi birokrasi"
Disaksikan Wako Solok Zul Elfian, peresmian ruang monitoring e-Gov ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Komisi III DPRD, Nasri In Dt. Malintang Sutan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Guna mewujudkan sistem pemerintahan yang baik dan bersih, Pemerintah daerah didorong untuk mampu memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pemerintahan berbasis elektronik (e-Government) dengan konsep Smart City sudah menjadi tuntutan saat ini.

Menurut Wali Kota (Wako) Solok, Zul Elfian, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pastinya juga mempermudah kinerja aparatur dalam meningkatkan kinerja dan tatakelola pemerintahan, guna mewujudkan Reformasi birokrasi.

Sebagaimana yang disampaikan dalam Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan e-Government, bahwa sudah diharuskan seluruh Daerah Kab/Kota untuk penyelenggaraan Pemerintahan berbasis elektronik.

"Memberikan pelayanan yang cepat dan akurat merupakan muara dari reformasi birokrasi," ungkap Zul Elfian saat launching Aplikasi e-Government dan peresmian pemakaian e-Gov Monitoring Room (EMR), Rabu (21/2) di Balaikota Solok.

Pemerintah Kota (Pemko) Solok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika juga sudah memulai pelaksanaan Smart City, dan saat ini Pemko Solok sudah masuk dalam penilaian "role model" dalam mengimplementasikan program Nasional tersebut.

"Saya minta kepada seluruh kepala OPD untuk bersinergi dan mari bersama-sama memulai perubahan kearah yang lebih baik, menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat," ajak Zul Elfian.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Zulfadli mengatakan, Pemko (Pemko) Solok melalui Dinas Kominfo telah membangun aplikasi mandiri berbasis IT sebagai titik awal dalam pengembangan E-Government di Kota Beras Serambi Madinah.

Sepanjang tahun 2017, Dinas Kominfo telah membangun dan merancang begitu banyak aplikasi sistem informasi. Luar biasanya, Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan hasil karya dari Staf Dinas Kominfo dan juga hasil Adopsi dari Kementrian Komunikasi dan ... Baca halaman selanjutnya