Pacu Kunjungan Wisatawan ke Kota Solok, Pemko Latih Pemandu Wisata

"Sepanjang 2016, tercatat sekitar 125 ribu wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Kota Solok, sedangkan pada 2017 ada peningkatan sekitar 25 ribu wisatawan"
Wako Solok Reinier yakin wisata kota Solok akan terus menggeliat (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok masih harus bekerja keras guna meningkatkan kunjungan para wisatawan ke Kota Solok. Berbagai upaya dalam menarik minat wisatawan untuk melancong ke Kota Solok tidak pernah bosan dilakukan Pemko Solok.

Diakui Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, angka kunjungan wisatawan ke Kota Solok, baik domestik maupun mancanegara masih sangat kecil dibanding dengan daerah lain. Akan tetapi, dari tahun ke tahun cenderung terus meningkat.

"Sepanjang 2016, tercatat sekitar 125 ribu wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Kota Solok, sedangkan pada 2017 ada peningkatan sekitar 25 ribu wisatawan," ungkap Reinier saat membuka pelatihan bagi 40 orang pemandu wisata, Rabu (21/2) di Mami Hotel.

Tren positif peningkatan jumlah kunjungan ke Kota Solok tidak terlepas dari upaya pembenahan infrastruktur penunjang wisata, serta gencarnya promosi yang dilakukan secara terus menenerus melalui berbagai media.

Secara potensi, sebut Reinier, Kota Solok sebetulnya memiliki objek wisata yang tak kalah dibanding daerah lain di Sumatera Barat (Sumbar). Kota Solok memiliki Pulau Belibis, Sarasah Aie Batimpo, wisata agro sawah Solok dan objek wisata lainnya yang baru berkembang.

"Pengembangan pariwisata harus dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggungjawab dalam mempertahankan nilai-nilai agama juga budaya kearifan lokal masyarakat," tegas Reinier.

Untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan sektor pariwisata Kota Solok, tentu dibutuhkan pemandu wisata yang terlatih, handal dan profesional, serta mampu "menjual" segala potensi wisata Kota Solok.

Di sisi lain, pelayanan yang memuaskan, dan informasi yang ... Baca halaman selanjutnya