Wako Solok Berbagi Pengalaman dengan Menwa se-Indonesia

" pembelaan negara sebagai tumpah darah tidak hanya menjadi tanggungjawab TNI, tapi juga menjadi tanggungjawab segenap masyarakat sesuai kemapuan"
Wako Solok Zul Elfian menjadi narasumber dalam Suskapin Menwa Indonesia, di Seskoal Cipulir Jakarta. (Ist)

KLIKPOSITIF - Wali Kota (Wako) Solok berkesempatan berbagi pengalaman dengan Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Indonesia. Kesempatan itu didapat Zul Elfian saat didapuk menjadi salah satu narasumber dalam Kursus Kader Pimpinan (Suskapin) Menwa Indonesia angkatan XXXVI tahun 2018.

Bertempat di Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir Jakarta, Zul Elfian memaparkan peran pemerintah daerah dalam peningkatan jiwa belanegara bagi generasi muda, Rabu (14/2).

Zul Elfian dalam paparannya mengatakan, pembelaan negara sebagai tumpah darah tidak hanya menjadi tanggungjawab TNI, tapi juga menjadi tanggungjawab segenap masyarakat sesuai kemapuan dan propesi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang NKRI tahun 1945 (Amandemen) pasal 27 ayat 3 yang menyatakan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Begitu juga dalam pasal 30 ayat 1 dan 2.

"Mahasiswa merupakan bagian dari warga negara yang memiliki kewajiban untuk melakukan pembelaan negara, yang disesuaikan dengan perannya sebagai agen perubahan dan agen pembangunan," ungkap Zul Elfian dihadapan puluhan Memwa yang hadir.

Kegiatan belanegara bagi mahasiswa dibutuhkan untuk membentuk karakter, penguatan revolusi mental, dan mempersiapkan mahasiswa menghadapai ancaman. Mulai dari penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, bencana alam dan lainnya.

Tak dapat dipungkiri, sebut Zul Elfian, semangat jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda mulai sedikit terkikis. Globalisasi disinyalir penyebab kuat semakin memudarnya jiwa nasionalisme. Hal ini sangat menjadi perhatian pemerintah.

"Ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk kembali ... Baca halaman selanjutnya