Penelitian Bahan Bakar Bata Alternatif untuk Hasilkan Bata Berkualitas

"kegiatan produksi dan penggunaan bata berkualitas akan berkontribusi besar dalam peningkatan kekuatan bangunan secara umum"
Proses Memasukan Briket kedalam tungku (Humas Build Change)

KLIKPOSITIF - Build Change, atau dikenal juga dengan Yayasan Bangunan Cemerlang Indonesia (YBCI) merupakan lembaga nirlaba internasional yang bergerak di bidang bangunan aman gempa. Di samping terlibat langsung dalam kegiatan konstruksi berbagai jenis bangunan, seperti rumah hunian dan bangunan sekolah, Build Change juga memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk memahami konsep dasar bangunan aman gempa. Lembaga ini, terus berkomitmen meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, khususnya yang berdomisili di wilayah rawan gempa seperti Sumatera Barat (Sumbar), akan pentingnya penerapan prinsip bangunan aman gempa.

Salah satu program utama yang tengah dijalankan oleh YBCI semenjak Mei 2016 adalah program Bata Berkualitas Menguatkan (BBM), yang bertujuan meningkatkan mutu/kualitas bata yang diproduksi di wilayah Sumbar. Mengingat bahwa bata merupakan salah satu material yang paling umum digunakan di Indonesia, kegiatan produksi dan penggunaan bata berkualitas akan berkontribusi besar dalam peningkatan kekuatan bangunan secara umum. Program BBM ini meliputi beberapa kegiatan utama, diantaranya adalah pemberian penyuluhan kepada para pemilik kilang bata mengenai cara memproduksi bata yang berkualitas dan melakukan berbagai penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bata yang diproduksi.

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kekuatan bata, salah satunya adalah suhu kilang selama proses pembakaran. Untuk menghasilkan bata dengan kuat tekan minimal 5 Mega Pascal (MPa) yang sesuai dengan standar SNI, bata mentah harus dibakar sampai mencapai suhu 500⁰C – 700⁰C untuk rentang waktu tertetu. Bahan bakar yang biasa digunakan oleh ... Baca halaman selanjutnya