Manfaatkan Peluang, Pemko Solok Dorong Berkembangnya Industri Kerajinan Daerah

"Selama ini, Kota Solok memang telah dikenal sebagai pusat perekonomian bagi masyarakat daerah di sekitarnya dengan keberadaan Pasar Raya Solok."
Wawako Solok, Reinier meninjau industri rumahan cetak sepatu kota Solok (09/01) (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menciptakan ruang bagi masyarakat pelaku industri dan kerajinan kecil terus diupayakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Langkah tersebut dilakukan, agar masyarakat Kota Solok tidak hanya sekedar menjadi penonton dalam menyongsong Kota Solok sebagai Kota Perdagangan dan Jasa.

Menurut Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Reinier, pemikiran tersebut perlu direalisasikan dengan langkah dan kebijakan yang nyata, agar apa yang menjadi harapan Kota Solok yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dapat diwujudkan.

Beranjak dari berbagai kebutuhan masyarakat akan barang dalam pemenuhan kebutuhan, diyakini Reinier, merupakan suatu peluang yang sangat terbuka dan harus diambil dan dimanfaatkan dalam menggerakkan usaha mikro kecil menengah yang ada.

Melihat kondisi yang ada, tidak berlebihan kalau langkah Pemko Solok untuk mengembangkan industri dan kerajinan sepatu di daerahnya merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Bisa dibayangkan, lanjut Reinier,  berapa banyak masyarakat yang membutuhkan sepatu.

"Paling tidak, melihat kebutuhan akan sepatu bagi kalangan pelajar dan pegawai yang ada di Kota Solok merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong tumbuhnya usaha industri dan kerajinan sepatu di Kota Solok," ungkap Reinier meninjau kerajinan cetak sepatu, Selasa 9 Januari 2017.

Selama ini, Kota Solok memang telah dikenal sebagai pusat perekonomian bagi masyarakat daerah di sekitarnya dengan keberadaan Pasar Raya Solok. Namun kebanyakan, barang kebutuhan masyarakat yang dijual di Kota Solok berasal dari luar daerah.

Di sisi lain, ada beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan oleh ... Baca halaman selanjutnya