Bertindak Sebagai Irup, Ini Pesan Wawako Solok pada HAB ke-72

khidmat, prosesi Pengibaran bendera pada puncak peringatan HAB ke 72 di Kota Solok
khidmat, prosesi Pengibaran bendera pada puncak peringatan HAB ke 72 di Kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Reinier bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada puncak peringatan Hari Amal Bakti ke 72 Kementrian Agama (Kemenag) di Kota Solok yang digelar pagi tadi di Halaman Kantor Balai Kota Solok, Rabu 3 Januari 2017.

Dalam amanat mentri Agama, Wawako Solok Reinier berpesan kepada segenap pegawai Kemenag Kota Solok, untuk senantiasa bekerja dengan maksimal dan mengedepankan pelayanan prima bagi segenap lapisan masyarakat Kota Beras.

"Untuk kita semua, marilah memaknai aktivitas bekerja sebagai sebuah ladang ibadah. Selain itu, bekerja dan melayani masyarakat dengan iklas merupakan sebuah kehormatan," sebut Reinier dihadapan ratusan peserta upacara.

Baca Juga

Pada dasarnya, sebut Reinier, kementerian agama hadir di tengah-tengah masyarakat, sebagai perangkat bernegara untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama di dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, tandas Reinier, setiap pribadi pegawai kementrian agama dan juga seluruh komponen masyarakat harus mampu menjadi duta perdamaian di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Apalagi di tengah isu-isu terkait SARA, yang kerap dihembuskan pihak tidak bertanggungjawab.

"Pesan kedamaian ini makin terasa penting untuk digaungkan, agar kita semua sadar dan tidak mudah terjerembab dalam kubangan perseturuan, konflik dan jebakan permainan atas nama agama," terang Reinier.

Kementrian agama merupakan sebagai salah satu elemen penting dalam mengawal dasar negara yakni pancasila, yang tentunya sarat akan makna dan nilai-nilai keagamaan yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Namun nilai-nilai pancasila harus tumbuh di setiap pribadi anak bangsa.

Tugas berat tersebut menuntut setiap pribadi aparatur kemenag untuk bisa menjadi pengayom bangsa melalui bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas. Membuka akses selebarnya untuk pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu. Memberikan pelayanan keagaamaan sesuai kebutuhan.

Peringatan HAB ke-72 yang dibalut dengan tema "Tebarkan Kedamaian" mengajak setiap pribadi untuk aktif menciptakan perdamaian. Sebab tak bisa dipungkiri, tanpa kedamaian hidup bermasyarakat maka kesejahteraan akan jauh dari harapan. Kedamaian akan membawa kebahagiaan.

"Kita bersyukur selama ini, kehidupan beragama masyarakat di Kota Solok berjalan dengan baik dan damai. Dan ini perlu kita pertahankan dalam menjaga kerukunan kehidupan beragama di daerah yang kita cintai," tutup Reinier.

Upacara yang berlansung khidmat tersebut diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan jajaran Polres Solok Kota yang dinilai konsisten membantu pemerintah Kota Solok memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial | Editor: -