Masyarakat dan Kodim 0305/Pasaman Olah Lahan Sawit Jadi Lahan Pertanian

"TNI bersama masyarakat berhasil mencetak sekitar delapan puluh hektare sawah baru yang tersebar di sejumlah Kecamatan"
Dandim 0305 Pasaman, Letnan Kolenel Arh Pri Isdiyanto bersama Wakil Bupati Pasbar, Yulianto dan Muspida Pasbar tanam padi serentak di Kecamatan Kinali. (KLIKPOSITIF/Buyung Fajri)

PASBAR,KLIKPOSITIF -- Dandim 0305 Pasaman, Letnan Kolenel Arh Pri Isdiyanto laksakan tanam padi serentak di Nagari Kinali Kecamatan Kinali Pasbar, Sumbar, Kamis (28/12).

Dandim mengungkapkan, hari ini ada satu kelompok tani di Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang rela menebang lahan perkebunan kelapa sawit mereka untuk diolah kembali menjadi lahan persawahan. Kelompok tani tersebut, rela merugi sesaat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal setelah lahan mereka bisa ditanami padi. Selain itu karena semakin tingginya harga gabah di pasaran.

Masyarakat setempat mengakui, meski mereka sedikit merugi karena tidak bisa lagi mendapatkan hasil dari kebun sawit, namun dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan, mereka bisa memperoleh hasil yang dinilai lebih maksimal melalaui tanaman padi sawah. Sebab, saat ini harga gabah di Pasbar terbilang tinggi, jika dikalkulasikan penghasilan satu hektare padi sawah lebih tinggi dibandingkan sawit.

Dalam proses pengolahan kebun sawit menjadi sawah, anggotanya bersama masyarakat dan dinas pertanian bekerjasama menggunakan sejumlah alat berat. Selain itu, mereka juga berupaya membuat bendungan atau aliran kecil menuju sawah masyarakat.

Tahun ini, TNI bersama masyarakat berhasil mencetak sekitar delapan puluh hektare sawah baru yang tersebar di sejumlah Kecamatan, di antaranya Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Ranah Batahan.

"Semoga dengan bertambahnya jumlah area sawah, tentunya bisa menyejahterakan masyarakat Pasbar. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan program nawacita dari Presiden," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto berharap, dengan adanya pembukaan dan cetak ... Baca halaman selanjutnya