Bercita-cita Jadi Kawasan Lumbung Nasional, Pemkab Pasaman Gelar Seminar Ini

"Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan kerjasama dan sinergitas program semua pihak"
Peserta seminar serius mengikuti seminar (Ist)

PASAMAN,KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman kerjasama dengan Dewan Riset Daerah (DRD) menyelenggarakan seminar pembangunan Kabupaten Pasaman dengan tema “Strategi Percepatan Pencapaian Kabupaten Pasaman yang Sejahtera Melalui Pembangunan Sektor Pertanian dan Ekonomi Kerakyatan” di gedung Syamsiar Taib Lubuk Sikaping.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, sektor pertanian salah satu sektor yang mampu menyerap tenaga kerja terbesar, yakni 40 persen dari jumlah angakatan kerja yang ada. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)  sebesar 51,63 persen jauh melebihi sektor-sektor lainnya.

"Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan kerjasama dan sinergitas program semua pihak, hingga cita-cita Kabupaten Pasaman menjadi kawasan lumbung pangan Nasional dapat terwujud”, ujar Yusuf Lubis.

Menurut Yusuf Lubis, pada akhir pelaksanaan RPJMD 2016-2021 Pemerintah Kabupaten Pasaman menargetkan capaian produksi padi sebesar 210.410 ton, jagung 129.247 ton dan hasil perikanan 108.761 ton. 

Target ini tidaklah kecil, namun dengan kerja keras dan upaya serta dukungan semua pihak kita optimis bisa tercapai. Pelaksanaan seminar pembangunan ini merupakan bagian dari upaya tersebut.

Sementara itu Wakil Rektor IPB Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis, Prof. Hermanto Siregar bertindak sebagai pembicara kunci, Prof Sudirman Yahya guru besar Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB dan Dr. Uyung Gatot Syafrawi dari Universitas Andalas sebagai pembicara.

Prof. Herman Siregar dalam presentasinya dengan judul “Pembangunan Pertanian untuk Mensejahterakan Masyarakat” mengatakan, perekonomian Kabupaten Pasaman adalah berbasis sumberdaya alam, terutama pertanian. Tanaman pangan, hortikultura tahunan (buah-buahan), perkebunan tahunan dan perikanan budidaya airtawar merupakan lapangan usaha yang ... Baca halaman selanjutnya