Pemko Solok Launching Sistem Perizinan Berbasis Elektronik 'SIP BERSAMA'

"masyarakat tidak lagi perlu untuk datang dan antri di kantor DPM-PTSP"
Kompak, Kepala Satgas Korsupgah wilayah III KPK-RI Adlinsyah M. Nasution didampingi Wako dan Ketua DPRD, memukul gong tanda dilaunchingnya 'SIP BERSAMA' (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Untuk mempermudah sistem pelayanan terhadap masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Solok melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melaunching layanan perizinan berbasis elektronik, Sistim Informasi Perizinan Beras Solok Serambi Madinah (SIP-BERSAMA).

Melalui Aplikasi Sicantik tersebut, masyarakat tidak lagi perlu untuk datang dan antri di kantor DPM-PTSP. Cukup dengan mengakses situs PTSP.SOLOKKOTA.GO.ID, masyarakat sudah bisa mengurus segala jenis perizinan yang dibutuhkan.

 

Wali Kota (Wako) Solok mengatakan, Pemko Solok akan terus berupaya meningkatkan sistim pelayanan bagi masyarakat. Tentunya melalui inovasi-inovasi yang terus dilahirkan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bahkan keseriusan dalam melahirkan inovasi, lanjut Zul Elfian, kota Solok ditunjuk sebagai laboratorium inivasi daerah oleh LAN RI. Ini tidak terlepas dari inovasi-inovasi yang telah dilahirkan. Setidaknya ada 177 inovasi yang lahir dari seluruh OPD dan sudah dilaunching sebanyak 158 inovasi beberapa waktu lalu.

Launching SIP-Bersama tersebut disambut positif oleh Kepala satgas Koordinasi dan supervisi pencegahan (korsupgah) wilayah III KPK-RI, Adlinsyah M. Nasution. Menurutnya, dengan penggunaan sistim perizinan online akan sangat membantu masyarakat dalam mengurus segala izin yang dibutuhkan.

"Dengan sistim berbasis online, akan memperkecil ruang gerak oknum-oknum calo perizinan, sehingga kemungkinan praktik pungutan liar bisa dicegah," ungkap pria yang akrab disapa Choky tersebut, Rabu 13 Desember 2017.

Namun, ia mewanti-wanti, hal tersebut jangan hanya sebatas seremonial belaka. Tapi memang betul-betul ... Baca halaman selanjutnya