Cegah Peredaran Narkoba, Pemkab Pasaman Lakukan Tes Urin di Kalangan Pejabat

"Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Pasaman dalam memberantas peredaran gelap narkotika, terutama di lingkungan Pemkab Pasaman"
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dan Wabup Pasaman, Atos Pratama usai melakukan tes urine (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Sebanyak 90 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Pasaman, Sumbar, serta pegawai Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping tes urine oleh Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Sumatera Barat, Selasa 12 Desember 2017 di lantai III Kantor Bupati setempat.

Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Pasaman dalam memberantas peredaran gelap narkotika, terutama di lingkungan Pemkab Pasaman.

"Alhamdulillah, dari 90 pejabat Pemkab Pasaman ditambah dengan pegawai PN Lubuk Sikaping yang melaksanakan tes urine, hasilnya tidak ada yang positif mengkonsumsi narkoba," ujarnya.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, pelaksanaan test urine yang dilakukan BNNP Sumbar berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 50 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika dan precursor narkotika di lingkungan instansi pemerintah.

“Tes urine bagi pejabat Pemkab Pasaman dilaksanakan untuk memastikan bahwa tidak ada satupun pejabat yang terlibat dalam penyalahgunaan pemakaian narkoba dan juga sebagai tauladan dan panutan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman,” ujar Yusuf Lubis.

Jika ada hasilnya para pejabat positif menggunakan narkoba, dia akan meminta tanggapan kepada BNNP sejauh mana oknum tersebut terlibat dalam peredaran gelap narkoba.

“Jika ada oknum pejabat yang positif narkoba, kita akan berikan sangsi sesuai dengan peraturanASN,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Pasaman, Afridansyah menambahkan, selain Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah yang melakukan test urine, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se Pasaman, para Asisten, dewan pendidikan, dewan pegawas PDAM, Baznas, pihak PT. Equator dan Kepala Bagian Setda Pasaman, serta pegawai pengadilan negeri Lubuk Sikaping juga melakukan test ... Baca halaman selanjutnya