Keterbatasan Anggaran, Pemko Solok Minta DPRD Sumbar Dukung Pembangunan Kota Solok

Wako Solok  Zul Elfian didampingi Wawako Reinier menyampaikan sejumlah program strategis kota Solok kepada Anggota DPRD Propinsi Sumbar asal Dapil VII
Wako Solok Zul Elfian didampingi Wawako Reinier menyampaikan sejumlah program strategis kota Solok kepada Anggota DPRD Propinsi Sumbar asal Dapil VII (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok berharap dukungan DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam mendorong terwujudnya sejumlah program pembangunan strategis yang sudah dituangkan dalam rencana daerah. Terutama keberlansungan sejumlah pembangunan fisik yang sangat dibutuhkan masyarakat Kota Solok.

“Melalui Bapak-bapak anggota Legislatif yang ada di Provinsi Sumatera Barat, tertumpang harapan kami dan segenap masyarakat Kota Solok, untuk dapat diperjuangkan melalui pemerintah Provinsi,” ungkap Wali Kota (Wako) Zul Elfian saat menerima Kunker anggota DPRD asal Dapil Sumbar VII di Aula Bappeda Kota Solok, Jum’at 8 Desember 2017.

Diantara program strategis yang sudah dituangkan dalam rencana daerah, yakni Pembangunan RSUD Kota Solok, Stadion Olah Raga, Finalisasi Jalan Lingkar Utara, Pelebaran jalan mulai batas Kota Kubung sampai Tanah Garam, peningkatan jalan Dt.Perpatih Nan Sabatang, Revitalisasi Lapangan Merdeka, Batang Lembang dan Pasar.

Baca Juga

Menurut Wako, jika pembangunan sejumlah sarana dan prasarana tersebut dapat terwujud dalam beberapa tahun kedepan, maka diyakini akan memberikan multiplier efek guna mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok kedepannya.

Namun, ditekankan Zul Elfian, tanpa dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar , maka pemerintah daerah akan sangat kesulitan dalam mewujudkan sejumlah pembangunan strategis tersebut.

“Melihat keadaan keuangan Kota Solok, tentu kita sangat butuh dukungan dari pemerintahan yang lebih tinggi, baik Provinsi maupun pusat. Jadi kita harap, ini akan menjadi pertimbangan bagi Pemprov, melalui DPRD Propinsi,” sebut Zul Elfian didampingi Wawako, Reinier.

Rombongan DPRD Propinsi Sumbar yang dipimpin H. Mochklasin menyambut positif program-program stategis yang sudah dicanangkan Pemko Solok. Proyek Vital yang dituangkan dalam rencana daerah, tentu membutuhkan anggaran yang besar.

“Aspirasi dan masukan yang disampaikan masyarakat melalui Pemko Solok, tentunya akan menjadi perhatian kami di DPRD propinsi nantinya,” ungkap Mochklasin dihadapan legislator lainnya yang hadir.

Pihaknya mengaku akan berusaha memperjuangkan aspirasi yang disampaikan Pemko Solok kedepannya, melalui APBD Provinsi Sumbar. Namun, tentunya ini butuh proses, sebab dengan penerapan e-Planning tidak membenarkan kegiatan naik di jalan.

Setidaknya, sebut Mochklasin, pihaknya telah menerima dan menyerap aspirasi dari Pemko Solok yang merupakan representasi dari aspirasi masyarakat Kota Solok. DPRD Propinsi akan menindaklanjuti hasil pertemuan singkat tersebut.

Selain persoalan keterbatasan anggaran, persoalan pembebasan lahan milik masyarakat masih saja menjadi kendala klasik yang kerap menghambat pembangunan Kota Solok. Pemko Solok dituntut untuk lebih matang dalam perencanaan sehingga anggaran yang sudah ditetapkan bisa berjalan secara maksimal.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial | Editor: -