Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Pemko Solok Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

"dalam waktu singkat, tanaman buah yang ditanam baik di dalam pot maupun lansung sudah bisa berproduksi atau menghasilkan"
Wawako Solok, Reinier didampingi Anggota DPRD Zulkarnain usai menanam bibit tanaman buah di kelurahan Kampung Jawa (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok mengajak segenap lapisan masyarakat untuk bisa memanfaatkan areal kosong di pekarangan rumah, salah satunya dengan cara menanam tanaman buah produktif, serta tanaman bernilai ekonomi lainnya.

"Daripada dibiarkan saja kosong dan tak terpakai, lebih baik dimanfaatkan sehingga bisa produktif dan menghasilkan," ungkap Wakil Wali Kota (Wawako) Solok saat menghadiri gerakan bersama menanam tanaman buah di pekarangan rumah, Jumat 8 Desember 2017 di kelurahan Kampung Jawa.

Selain bisa memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri, pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman produktif bisa juga menjadi salah satu sumber penghasilan keluarga, sehingga mampu membantu peningkatan perekonomian.

Apalagi, saat ini sudah banyak teknologi yang dikembangkan dalam meningkatkan produktivitas tanaman buah. Bahkan, dalam waktu singkat, tanaman buah yang ditanam baik di dalam pot maupun lansung sudah bisa berproduksi atau menghasilkan.

Dalam momentum Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIV itu, Reinier menjelaskan, mayoritas masyarakat kota Solok masih memiliki areal yang tidak terpakai di sekitar rumah. Terkadang hanya dibiarkan menganggur tanpa dimanfaatkan.

"Banyak jenis tanaman buah yang cocok ditanam di daerah dataran rendah seperti kota Solok, seperti Durian, Mangga, Alpukat dan banyak jenis lainnya. Tinggal kemauan kita saja," ungkapnya usai menanam bibit durian secara simbolis.

Selain mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan keluarga, gerakan pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman buah tentu akan memancing masyarakat untuk lebih kreatif dan aktif.

Mayoritas, tanaman-tanaman buah yang ... Baca halaman selanjutnya