Forikan Kota Solok Kampanyekan Budaya Makan Ikan Melalui Lomba Memasak

"ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik dan dapat dijangkau semua kalangan"
Dewan juri melakukan Penilaian makanan olahan ikan yang disuguhkan peserta lomba masak (Humas & Protokol Kota Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Solok tak kunjung bosan mengajak masyarakat untuk meningkatkan mengkonsumsi Ikan. Berbagai cara terus dilakukan, mulai dari Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) berbahan dasar ikan, hingga lomba masak makanan serba ikan.

Menurut Ketua Forikan Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik dan dapat dijangkau semua kalangan. Anak harus dibiasakan makan ikan sejak dini, agar asupan protein dan gizi yang dibutuhkan anak dapat terpenuhi dengan baik.

Namun, banyak keluarga yang menyajikan santapan ikan dengan cara lama. Hanya sekedar digulai, dipepes ataupun digoreng, padahal banyak variasi kreatif lain yang bisa diolah dari bahan ikan, sehingga disukai anak dan keluarga.

"Melalui lomba masak ini, selain untuk meransang kreativitas kaum ibu mengolah makanan berbahan ikan, juga sekaligus mengajak masyarakat luas untuk gemar memakan ikan," ungkap Zulmiyetti Zul Elfian usai membuka lomba masak ikan dan Jingle Gemarikan tingkat pelajar di Kubuah Tigo Baleh, Rabu 6 Desember 2017.

Peningkatan konsumsi ikan masyarakat, juga akan memberikan multiplier efek bagi petani peternak yang bergerak dibidang budidaya dan pembesaran ikan. Secara ekonomi, pastinya dapat meningkatkan gairah usaha dibidang tersebut.

"Jika banyak yang mengkonsumsi ikan, tentu juga akan mendorong tumbuh dan berkembangnya perekonomian peternak ikan, pengusaha pakan dan banyak lainnya yang akan merasakan manfaat secara lansung. Semuanya berputar di tengah masyarakat," sebutnya.

Ketua Forikan mengaku, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi ditengah masyarakat. Pentingnya mengkonsumsi ikan untuk mendorong pertumbuhan dan kecerdasan anak perlu dukungan penuh semua pihak terkait.

Hal itu, tidak terlepas dari kepedulian Pemerintah Kota Solok dalam mempersiapkan generasi emas dimasa yang akan datang. Banyak ... Baca halaman selanjutnya