Selamatkan dari Kepunahan, Pemko Solok Dorong Pengembangan Ayam Kukuek Balenggek

"Ayam Kukuek Balenggek merupakan salah satu kekayaan alam Solok secara umum"
Wako Solok Zul Elfian saat meninjau Lomba Ayam Kukuek Balenggek di Kantor Balaikota Solok, Minggu(3/12) (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Meskipun bukan hewan endemik khas Kota Solok, namun perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Solok akan pelestarian Ayam Kukuek Balenggek tak perlu disangsikan lagi. Hal ini tergambar jelas dari lomba Ayam Kukuek Balenggek yang dihelat Pemko Solok, Minggu 3 Desember 2017.

Lomba dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Solok ke 47 dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok yang bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Ayam Kukuak Balenggek (KPAKB) Kota dan Provinsi Sumatera Barat.

Bahkan, peminat lomba kukuek Ayam Balenggek terbilang cukup tinggi. Ratusan peserta dari berbagai daerah di Sumbar dan provinsi tetangga tidak ketinggalan ikut iven perdana yang dilakukan oleh Pemko Solok tersebut.

Ada tiga nomor yang dipertandingkan, Yakni kelas landik (kokok minimal 3 tingkat), kelas boko (kokok minimal 5 tingkat) dan kelas istimewa (kokok minimal 7 tingkat). Serta ditambah nomor favorit yang diambil dari ayam, yang dinilai memiliki kokok yang indah dengan suara yang merdu.

Wali Kota (Wako) Solok, Zul Elfian dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa dilestarikan, sebagaimana tujuan lomba untuk menjaga keberadaan ayam kukuak balenggek yang terbilang sudah mulai langka. Ayam Kukuek Balenggek merupakan salah satu kekayaan alam Solok secara umum.

"Lestarikan Ayam Kukuek Balenggek melalui kelompok-kelompok pecinta dan budidaya yang ada. Saya harap bisa lahir varietas Ayam Kukuek Balenggek yang baru dengan keunikan tersendiri," sebut Zul Elfian.

Populasi ayam kukuak balenggek di daerah endemiknya seperti Kabupaten Solok yang merupakan saudara tua Kota Solok terus mengalami penurunan. Penurunan itu tidak hanya terjadi pada ayam jantan, melainkan juga pada induk ayam betina.

Zul Elfian juga meminta Dinas pertanian Kota Solok untuk memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan ayam kukuak balenggek di Kota beras, melalui bimbingan kepada ... Baca halaman selanjutnya