2018, Pemkab Pasaman Targetkan Pengaspalan Jalan Menuju Rumah Sakit Pratama

"pembangunan jalan menuju ke rumah sakit itu menjadi prioritas pemerintah daerah untuk mulai dikerjakan tahun depan"
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bersama Kajari Pasaman saat meninjau pembangunan RS Pratama (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumbar, menganggarkan Rp1,5 miliar untuk pembangunan jalan hotmix menuju Rumah Sakit Pratama di Nagari Sitombol, Kecamatan Padang Gelugur pada APBD 2018.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengungkapkan, pembangunan jalan menuju ke rumah sakit itu menjadi prioritas pemerintah daerah untuk mulai dikerjakan tahun depan. "Sekarang kan kondisinya masih jalan tanah. Besok itu harus diaspal hotmix," ujarnya.

Menurutnya, jalan masuk ke rumah sakit tersebut harus diperlebar jika dibandingkan dengan kondisinya sekarang, agar memudahkan keluar masuk kenderaan.

Pada pekan ke-15, pengerjaan pembangunan RS Pratama oleh pihak rekanan, sudah mencapai bobot 76 persen sejak diground breaking oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis pada 7 September 2017 lalu.

Ia optimistis, pengerjaan pembangunan rumah sakit yang akan melayani masyarakat di bagian Utara Pasaman itu sesuai tenggat waktu yang ditentukan dalam kontrak kerja.

"Semua pihak yang terlibat dalam pembangunan rumah sakit ini harus bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dan mengedepankan kualitas," ingatnya.

Pembangunan rumah sakit ini akan menjadi momentum strategis mewujudkan kesehatan masyarakat, sekaligus memenuhi ketersediaan rumah sakit dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin.

Pembangunan rumah sakit tipe D ini dikerjakan oleh PT Spectratama Komala dengan nilai kontrak kerja sebesar Rp13,650 miliar dari total anggaran fisik bangunan senilai Rp14 miliar lebih. Melayani pasien rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, radiologi (rontgen), labor dan gudang farmasi.

Kemudian, rumah sakit Pratama ini hanya melayani perawatan kelas III, memiliki 10 kamar rawatan berkapasitas 50 tempat tidur, dokter umum dan dokter spesialis. Selain pelayanan medik umum, RS Pratama juga memberikan pelayanan medik spesialistik dasar, meliputi pelayanan kebidanan ... Baca halaman selanjutnya