Lestarikan Lagu Minang di Kalangan Pelajar, Pemkab Pasaman Gelar Lomba Penyanyi Minang

"kegiatan ini dalam rangka melestarikan lagu minang di tingkat pelajar."
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman, Ali Yusri menyerahkan piala juara satu kepada Aprilla Yuzia Putri dari pelajar SMPN I Lubuk Sikaping. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Lomba Penyanyi Minang Antar SLTP sederajat se-Kabupaten Pasaman berlangsung sukses, Kamis 30 November 2017 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman.

Acara yang digagas oleh Pemkab Pasaman, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman diikuti sekitar 40 orang peserta wanita dan pria dari SMP dan MTsN se-Kabupaten Pasaman.

Keluar sebagai pemenang wanita juara satu dari SMPN I Lubuk Sikaping, dan prianya dari SMPN Mapattunggul Pasaman.

Bupati Pasaman melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman, Asari mengatakan, kegiatan ini dalam rangka melestarikan lagu minang di tingkat pelajar.

"Ini juga momentum pencarian bakat tingkat SLTP. Acara mulai dari pagi hingga sore" ujar Asari didampingi Kabid Kebudayaan, Jon Fauzi pada KLIKPOSITIF, Sabtu 1 Desember 2017.

Menurutnya, kegiatan lomba lagu minang ini juga implementasi dari visi dan misi Pemkab Pasaman, yakni mewujudkan masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

"Kita sengaja mengundang dewan juri dari ISI Padang Panjang, dan mahasiswa ISI Yogyakarta" sebutnya.

Diharapkan ke depannya, tumbuh minat generasi muda Pasaman untuk melestarikan lagu minang. Ini adalah komidmen kita untuk melestarikan unsur-unsur budaya yang ada.

[Man St Pambangun]