RSUD Lubuk Sikaping Luncurkan Program Sicantik

"Kepanjangan Sicantik adalah Situasi, Cepat, Aman, Nyaman, Tepat Waktu, Inovatif dan Kekeluargaan"
Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuaili foto bersama usai meluncurkan program Sicantik. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman maju selangkah lagi dnegan program barunya Sicantik. Manajemen rumah sakit itu meluncurkan program Sicantik, Kamis 30 November 2017.

Peluncuran Sicantik itu dilakukan di Aula rumah sakit tersebut. Program ini merupakan optimalisasi waktu tunggu bagi pasien rawat jalan dalam berobat. Kepanjangan Sicantik adalah Situasi, Cepat, Aman, Nyaman, Tepat Waktu, Inovatif dan Kekeluargaan.

Program Sicantik, merupakan inovasi untuk mewujudkan motto RSUD, yakni untuk anda kami ada, dengan ikhlas kami bekerja, satu senyum untuk semua.

Dengan mengadop sistem baru, Kios-K, mesin antrean terbaru dengan sistem elektronik, seorang pasien hanya butuh waktu 5 menit saja melayani pendaftaran dan mengurai antrean pasien. Sedikitnya, 2 unit mesin Kios-K disediakan untuk melayani pasien.

Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr Yong Marzuhaili menjelaskan, launcing program ini berawal dari banyaknya keluhan masyarakat yang antri untuk berobat. Seorang pasien, bisa menghabiskan waktu tiga jam, bahkan lebih.

"Atas dasar itu, kami ingin memotong waktu tunggu menjadi lebih singkat. Kita minimalisasi antrean bagi masyarakat untuk berobat. Kini, kita menempatkan dua mesin antrean di loket pendaftaran," ujarnya.

Untuk keamanan, katanya, pihak RSUD menempatkan kamera pengawas (CCTV) di delapan titik di rumah sakit, merehabilitasi ruang tunggu, serta mengharuskan seluruh tenaga medis dan karyawan rumah sakit untuk senyum, sapa dan salam kepada pasien.

"Kita berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Pasaman, M Saleh mengatakan, program Si-Cantik, sebagai salah satu bentuk terobosan dalam pelayanan kepada pasien di rumah sakit itu.

"Orientasi sistem, dibutuhkan untuk mewujudkan proyek perubahan ini, diharapkan dapat memberikan dampak ke arah yg lebih baik. Selain itu, ... Baca halaman selanjutnya