Peringati Hari Juang Kartika 2017, Kodim 0305/Pasaman Gelar Donor Darah

Anggota Kodim 0305/Pasaman saat melakukan donor darah
Anggota Kodim 0305/Pasaman saat melakukan donor darah (Ist)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0305/ Pasaman gelar acara bakti sosial donor darah , Kamis 30 November 2017. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari juang Kartika Tahun 2017.

Donor darah dipusatkan di Pos Kesehatan Makodim setempat. Komandan Kodim (Dandim) 0305/ Pasaman , Letkol. ARH Pri Isdiayanto mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah tersebut merupakan rangkaian dalam memperingati hari juang Kartika Tahun 2017.

baca juga: Mulai Hari Ini TNI dan Polri Diperintahkan Disiplinkan Masyarakat Empat Provinsi

"Kegiatan ini sengaja kita gelar bertujuan untuk membantu masyarakat Pasaman yang membutuhkan darah,” katanya kepada KLIKPOSITIF , Kamis 30 November 2017.

Menurutnya, hal ini juga salah satu bentuk kepedulian TNI khususnya Kodim 0305/ Pasaman terhadap ketersedian stok darah bagi masyarakat.

baca juga: Seorang PDP di Pasaman Dimakamkan dengan Protap COVID-19

“Dengan kegiatan bhakti social donor darah ini, setidaknya dapat membantu masyarakat yang kekurangan darah dan menyelamatkan jiwa sesorang yang membutuhkannya,” ungkap Dandim

Di samping itu, kata Dandim, kegiatan donor darah ini, selain dapat membantu masyarakat yang membutuhkannya, juga banyak manfaatnya bagi seluruh personil yang melakukan donor darah .'

baca juga: Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

“Manfaatnya banyak bagi pendonor. Disamping dapat memeriksakan kesehatan kita langsung, juga dapat bermanfaat menurunkan kadar iron (zat besi) dalam tubuh si pendonor tersebut. Turun level iron dalam tubuh, setidaknya dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung,” katanya.

Dia juga berharap, kegiatan bhakti sosial seperti donor darah ini terus berlanjut di Kodim setempat untuk tahun-tahun berikutnya.

baca juga: Akui Kesalahan, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf

“Sebagai prajurit TNI , sudah kewajiban kita membantu masyarakat. Baik itu dibidang kesehatan, maupun dibidang lainnya. TNI lahir dari masyarakat, sudah sepantasnya kita membantu masyarakat yang membutuhkan kita,” ungkap Dandim.

(Man St Pambangun)

Penulis: Webtorial