Bangkitkan Rasa Nasionalisme, Pemko Solok Didik Pemuda Melalui Bela Negara

"Setiap elemen bangsa terutama generasi muda tertumpang keutuhan, kesatuan bangsa dan negara"
Sekda Kota Solok, Rusdianto, pesankan pentingnya bela negara bagi generasi muda. (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menanamkan nilai-nilai kesadaran berbangsa dan bernegara bagi generasi muda menjadi tantangan terkini bagi pemerintah. Bukan hal yang mudah, apalagi di tengah pengaruh kemajuan teknologi dan budaya asing.

Mencermati perkembangan bangsa saat ini, berbagai persoalan masih menggerogoti dari bidang ideologi, politik, ekonomi hingga sosial budaya. Fenomena ini mengindikasikan merosotnya rasa kecintaan terhadap tanah air.

"Setiap elemen bangsa terutama generasi muda tertumpang keutuhan, kesatuan bangsa dan negara," ungkap Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto saat melepas pemuda/i menjalani pendidikan pendahuluan bela negara di kantor Balaikota Solok, Selasa 21 November 2017.

Kegiatan yang melibatkan perwakilan masing-masing pemuda/i Kelurahan di Kota Solok ditargetkan akan mampu memberikan efek dalam meningkatkan rasa nasionalisme bagi generasi muda Kota Solok.

Upaya ini tidak bisa dilepaskan dari amanah UUD NKRI tahun 1945, sebagaimana yang termaktub dalam pasal 27 ayat 3 dan pasal 3, dimana diatur hak dan kewajiban setiap warga negara dalam bela negara.

"Bela negara merupakan tuntutan kesadaran setiap warga negara guna menghadapai berbagai persoalan bangsa. Kepentingan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan," ungkap Rusdianto di hadapan peserta.

Sekda berpesan, bagi setiap peserta yang akan dalam beberapa hari di Mifan Padang Panjang untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh, sehingga berdampak secara nyata bagi pengembangan karakter diri kearah yang lebih positif.

Kegiatan ini sangat tepat dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Solok, mengingat semakin mengkhawatirkannya pergaulan pemuda dan generasi muda di Kota Solok. Beberapa ... Baca halaman selanjutnya