Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0308/Pasaman Dinilai Kwarda 03/Sumbar

"keberadaan Kwarcab Pasaman mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat, salah satu dukungan sarana dan pendanaan"
(Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Kwartir cabang gerakan pramuka 0308/Pasaman dinilai Kwarda 03 gerakan pramuka provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Kwarcab 0308 gerakan pramuka Pasaman M Saleh pun menyampaikan perkembangan kegiatan kepramukaan di wilayah kerja Kwarcab Pasaman.

Pendidikan kepramukaan, benar-benar menjadi salah satu lembaga pendidikan non formal sebagaimana yang tertera dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional (Sisdiknas), dan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

Menurut M Saleh yang juga Sekda Pasaman, keberadaan Kwarcab Pasaman mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat, salah satu dukungan sarana dan pendanaan.

Untuk dukungan sarana, Kwarcab Pasaman telah difasilitasi bantuan sekretariat/kantor, bumi perkemahan dengan luas 35.000 M2, satu unit kensaraan roda empat, pembangunan Lemdika yang tengah dalam proses koperasi satu buah.

"Bantuan dari pemerintah daerah yang bersumber dari APBD Pasaman sejak tahun 2012-2017 sudah mencapai sebesar Rp.1,538.055.000" ujarnya.

Dengan laporan data mutakhir ini, diharapkan dapat menjadi sebagai bahan acuan dan informasi tentang perkembangan kegiatan kepramukaan kabupaten Pasaman.

Sementara itu, Yulius ST selaku Pejabat Ketua Kwarda Sumbar mengatakan, gerakan pramuka adalah gerakan membangun generasi muda dan mencari calon pemimpin masa depan.

"Gerakan pramuka itu cinta akan tanah air, dan cinta NKRI. Jika ada yang bilang pramuka tidak mendukung NKRI, maka mereka itulah yang tidak mendukung NKRI ini," sebutnya.

Penilaian kwartir cabang tergiat yang dibarengi dengan pembinaan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar di Kabupaten/Kota se-Sumbar merupakan agenda rutin sekali lima tahun, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang Pramuka.

"Lomba Kwartir cabang tergiat tingkat Sumbar ini sebenarnya hanyalah sebuah alat untuk mencapai ... Baca halaman selanjutnya