Kodim 0305/Pasaman Dampingi Petani Tanam Kedelai Perdana di Kecamatan Tigo Nagari

"kegiatan ini bertujuan untuk memacu para petani agar tidak tergantung dengan padi saja"
Pabung 0305 Pasaman mewakili Dandim saat mendampingi tanam perdana kedelai (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Kodim 0305 Pasaman mendampingi Kelompok Tani Suka Maju dalam tanam perdana kedelai di Jorong Kampung Lintang Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kamis 16 November 2017.

Ini merupakan program perdana di Kabupaten Pasaman. Sebelumnya, yang diterapkan hanya padi dan jagung (Paja), kalau sekarang bertambah menjadi kedelai (Pajale).

Luas tanam kedelai kali ini, sekitar 35 hektar di Jorong Kampung Lintang Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari. Kalau di Pasaman diperkirakan luasnya sekitar 130 hentar.

Pabung Kodim 0305 Pasaman, Mayor CZI Anton Haerdianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memacu para petani agar tidak tergantung dengan padi saja. Namun kedelai juga bisa ditanam dan keuntungannya tidak kalah dengan padi.

'Dengan adanya budidaya kedelai ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan untuk Pasaman. Sebab, saat ini untuk kebutuhan kita di Pasaman masih impor," ujarnya.

Hadir dalam acara tanam perdana tersebut, Gubernur Sumbar diwakili Muhammad Ali, Kadistan Provinsi Sumbar, Candra, serta Mayor Simbolon mewakili Dandrem 032/WBR, dan seluruh Pasiter Kodim jajaran Korem 032/WBR. Selain itu, Kadistan Kabupaten Pasaman, serta seluruh anggota Kelompok Tani Suka Maju.

[Man St Pambangun]