Pemko Solok Target Peningkatan Penerimaan PAD Sebesar 8,89 Persen pada 2018

"Peningkatan target penerimaan PAD bersumber dari peningkatan penerimaan pajak yang tahun lalu hanya ditarget sebesar 7 Milyar. "
Wawako Solok, Reinier menyampaikan jawaban pemko atas pandangan Fraksi di DPRD Kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok menargetkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 8,89 persen tahun 2018 mendatang. Peningkatan target raupan PAD, dari Rp45 Milyar menjadi Rp49 Milyar diyakini mampu dicapai oleh Pemko Solok.

Peningkatan target penerimaan PAD bersumber dari peningkatan penerimaan pajak yang tahun lalu hanya ditarget sebesar 7 Milyar. Namun tahun depan diharapkan mampu mencapai peningkatan sebesar 14,04 persen, atau bertambah senilai Rp982.926.834.

Penerimaan PAD dari Retribusi Daerah, juga tak luput dari peningkatan target. Tahun depan, Pemko menargetkan penerimaan PAD dari sektor satu ini sebesar Rp9.025.550.181 atau bertumbuh sebesar 6,01 persen dibanding target tahun lalu.

Termasuk juga, peningkatan PAD dari penerimaan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan pada tahun 2017, dibidik sebesar Rp10,8 Milyar serta peningkatan penerimaan PAD dari berbagai sektor lainnya yang sah sebesar Rp21 Milyar lebih.

"Penerimaan pendapatan Asli Daerah Kota Solok 2018 mendatang, kita target mencapai angka Rp49 Milyar. Mudah-mudahan bisa terwujud, bahkan kalau bisa lebih" ungkap Reinier, Rabu 15 November 2017 di DPRD Kota Solok.

Terkait pandangan fraksi PAN yang menanyakan pengelolaan aset milik daerah dalam meningkatkan penerimaan PAD, Reinier menyebutkan sudah sangat sesuai dengan peraturan daerah (Perda) yang mengaturnya.

Untuk saat ini, Pemko Solok mengelola aset daerah yang terdiri dari 6 alat berat, kendaraan dinas hingga gedung pertemuan yang menjadi sumber pendapatan retribusi pemakaian kekayaan daerah.

Untuk meningkatkan pendapatan atau retribusi dari pengelolaan aset daerah, ke depan Pemko Solok ... Baca halaman selanjutnya