Kota Solok Siap Menjadi Lumbung Inovasi Daerah

"Kota Solok akan mendapat pendampingan dari pihak LAN-RI hingga akhir tahun"
Wako Solok Zul Elfian memukul gong tanda dilaunchingnya Inovasi Pemko Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Usai ditunjuk sebagai Laboratorium Inovasi Daerah beberapa waktu lalu oleh Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia (LAN-RI), Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian akhirnya melaunching Inovasi Pemerintah Kota (Pemko) Solok, Senin 13 November 2017 di Aula Hotel Taufina, Kota Solok.

Launching inovasi Pemko Solok tersebut, merupakan jawaban atas kepercayaan dari LAN-RI memilih Kota Solok sebagai Laboratorium Inovasi Daerah di Sumatera Barat. Apalagi, banyak juga daerah lain yang mengajukan diri sebagai kandidat Laboratorium Inovasi Daerah.

Dalam pelaksanaannya nanti, Kota Solok akan mendapat pendampingan dari pihak LAN-RI hingga akhir tahun, guna mengembangkan berbagai inovasi yang sudah dilahirkan. Kota berjuluk Kota Beras Serambi Madinah juga bertekad menjadi lumbung Inovasi Daerah di Sumatera Barat.

Wako Solok mengatakan, dengan adanya pendampingan dari pihak LAN-RI, masing-masing dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan mampu mewujudkan inovasi-inovasi, dalam rangka meningkatkan pelayanan tethadap masyarakat.

"Minimal muncul 1 inovasi dari masing-masing OPD yang bisa diterapkan hingga ke Kecamatan dan Kelurahan," ungkap Zul Elfian dihadapan Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN-RI, Dr. Andi Taufik, Wakil Ketua DPRD Irman Yefri Adang, serta segenap pimpinan OPD yang hadir.

Sejumlah inovasi yang telah dilakukan Pemko Solok di antaranya pembentukan Dinas Perizinan sebagai OPD baru. Hal ini mengingat tingginya beban kerja yang dimiliki, sehingga sudah patut dijadikan sebuah dinas. Juga banyak inovasi lainnya, dalam rangka memudahkan perizinan.

Selain itu, jenis inovasi lainnya adalah pembentukan Unit Pengaduan Informasi dan ... Baca halaman selanjutnya