Bagaimana Cara Bayar Pajak Daerah di Kota Padang?

"Anda bisa melakukan kewajiban untuk membayar pajak dengan cara pergi ke Bapenda Padang dan pergi ke ruangan pajak Online."
Ruang untuk membayar pajak di Bapenda Padang (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Positifers, sudah tahukah kamu cara membayar pajak daerah di Kota Padang? Nah, di postingan kali ini akan dijelaskan cara untuk membayar pajak daerah

Pajak daerah merupakan kontribusi wajib kepada Daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan Daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Kewajiban subjek pajak dalam membayar pajak tercantum dalam Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, serta dipertegas dengan Perda Kota Padang nomor 8 tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Di Kota Padang, Bapenda menetapkan waktu pembayaran pajaknya jatuh pada tanggal 20 tiap bulannya atau tergantung dengan jenis pajaknya. Nah, berikut ini dicantumkan cara untuk membayar pajak daerah di Kota Padang:

1. Dapatkan NPWPD
Sebelum membayar pajak daerah, subjek pajak/wajib pajak diharuskan untuk memiliki Nomor Wajib Pajak Daerah (NPWPD). NPWPD bisa didapatkan di kantor pajak, bagi masyarakat Kota Padang bisa ke Bapenda Padang. Cukup lengkapi surat yang dibutuhkan, seperti Izin Kepemilikan Usaha, atau berkas penting lainnya.

2. Pergi ke Bapenda untuk Melakukan Pembayaran
Anda bisa melakukan kewajiban untuk membayar pajak dengan cara pergi ke Bapenda Padang dan pergi ke ruangan pajak Online. Disana Anda bisa mengambil antri dan melakukan pembayaran pajak daerah ke petugas Bank yang sudah ada disana.

3. Pergi ke Bank untuk Melakukan Pembayaran
Nah, kini wajib pajak tak perlu bingung untuk memikirkan jadwal pergi ke kantor pajak untuk melakukan pembayaran pajak. Kini wajib pajak bisa melakukan pembayaran pajak di bank terdekat. Bapenda Padang sendiri bekerja sama dengan Bank BTN, Bank BNI dan Bank Nagari