Bapenda Akan Evaluasi Target Penerimaan Beberapa Objek Pajak

"banyaknya objek pajak yang tidak mencapai target realisasi penerimaan pada triwulan III karena masih rendahnya kesadaran masyarakat Kota Padang dalam membayar pajak"
Kabid Penagihan dan Pemeriksaan Bapenda Padang, Budi Payan (KLIKPOSITIF/K)

PADANG, KLIKPOSITIF - Triwulan III telah selesai, namun hanya lima objek pajak saja yang mencapai target pendapatan 75 persen. Hal itu cukup disayangkan karena mengingat saat ini sudah memasuki triwulan akhir penerimaan pajak daerah.

"Lima objek pajak yang realisasi penerimaan mencapai target triwulan III adalah pajak restoran, pajak penerangan jalan, pajak hiburan, pajak sarang burung walet dan pajak parkir," ujar Kabid Penagihan dan Pemeriksaan Bapenda Padang, Budi Payan.

Ia mengungkapkan, banyaknya objek pajak yang tidak mencapai target realisasi penerimaan pada triwulan III karena masih rendahnya kesadaran masyarakat Kota Padang dalam membayar pajak. Pajak yang terkumpul sampai saat akhir triwulan III, lanjutnya, hanya mencapai 210,7 Milyar.

"Padahal target Bapenda pada 2017 adalah 334,5 Milyar, jadi Bapenda masih harus bekerja keras untuk mencapai target penerimaan untuk 2017," kata Budi.

Namun, katanya, ada juga target penerimaan pada beberapa objek pajak yang harus dievaluasi. Hal ini karena beberapa objek pajak ada yang tampaknya tisak bisa mencapai target hingga Desember 2017 nanti.

"Kami akan melakukan evaluasi terkait jumlah keseluruhan dari target tiap objek pajak, terutama yang hingga truwulan III tidak mencapai target. Target pada 2017 tetap 334,5, namun yang kami evaluasi itu target di tiap objek pajak," jelas Budi.

Sementara itu, Kasubid Penagihan Bapenda Padang, Nilson mengatakan, masih banyak wajib pajak yang sulit diminta pajaknya saat dilakukan penagihan.

"Ada beberapa wajib pajak yang sulit sekali diminta untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak, padahal pajak yang dibayarkannya itu manfaatnya itu dirasakannya sendiri melalui pembangunan Kota Padang," ujar Nilson.

Tidak tercapainya target tersebut, katanya, selain karena rendahnya kesadaran juga karena ada beberapa target objek pajak yang terlalu tinggi untuk dicapai.(*)