Koperasi Serba Usaha Bata Jaya (KSUBJ) Si Pengawal Keberlanjutan

"Didirikan dengan komitmen bersama para pemangku kepentingan pada tanggal 15 Oktober 2015 di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman,"
Koperasi Serba Usaha Bata Jaya (KSUBJ) wujud komitmen dari Yayasan Bangunan Cermerlang Indonesia/Build Change (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebagai wujud komitmen dari Yayasan Bangunan Cermerlang Indonesia/Build Change kepada terselenggaranya praktik konstruksi aman gempa, maka sejak bulan Mei 2016 Proyek BBM (Bata Berkualitas Menguatkan) telah dan sedang dijalankan dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu/kualitas bata yang diproduksi di wilayah rawan gempa di sekitar Sumatera yang memberikan dampak kepada ketahanan bangunan terhadap terjadinya bencana di masa mendatang.

Dimulai dengan pilot project di tahun 2015, Proyek BBM akan terus dijalankan untuk mendampingi para pengrajin bata di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, khususnya di sekitar kawasan Kecamatan Lubuk Alung dan sekitarnya guna meningkatkan kompetensi sehingga secara konsisten dapat menjalankan proses produksi baku yang akan menghasilkan bata berkualitas sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) utamanya pada nilai Kuat Tekan yang lebih dari 5 MPa (Mega Pascal). Pelatihan dan pendampingan kepada para pengrajin bata ini dijalankan sampai dengan berakhirnya masa proyek BBM yaitu akhir bulan April 2019.

Proyek BBM menaruh perhatian yang sangat serius atas capaian dan hasil yang diperoleh baik capaian tentang meningkatnya mutu bata yang dihasilkan, yang ditandai dengan naiknya nilai tekan kuat lebih dari 5 MPa, meningkatnya produktivitas proses produksi bata berkualitas, tersedianya bata berkualitas di pasaran yang mudah diakses bagi yang membutuhkan, maupun terjaminnya pendapatan yang layak bagi para pengrajin sehingga taraf hidup para pengrajin bata dapat meningkat dan terlepas dari jerat kemiskinan. Namun demikian, terjaganya capaian dan hasil tersebut sehingga ... Baca halaman selanjutnya