Dinas Kesehatan Pasaman Gelar Lomba Makan Buah dan Sayur di Kalangan Pelajar

"kegiatan lomba makan sayur dan buah ini bertujuan untuk menarik hati anak-anak agar suka mengonsumsi sayur dan buah setiap hari"
Wabup Pasaman, Atos Pratama menyerahkan hadiah kepada murid SD pemenang lomba (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Dinas Kesehatan bersama RSUD Lubuk Sikaping gencarkan sosialisasi gemar mengonsumsi sayur -mayur dan buah-buahan yang sehat dan bergizi bagi anak, salah satunya melalui aneka lomba.

Seperti perlombaan yang digelar di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping. Acara yang bertajuk Cintai makan Sayur dan buah ini mengenalkan berbagai jenis sayuran dan buah yang sehat kepada anak-anak di Pasaman.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pasaman, Dwi Hadiah selaku panitia penyelenggara mengatakan, lomba makan sayur dan buah ini bukan kali pertama ini saja dilaksanakan, tapi akan mulai digelar setiap tahunnya.

Menurut Dwi Hadiah, kegiatan lomba makan sayur dan buah ini bertujuan untuk menarik hati anak-anak agar suka mengonsumsi sayur dan buah setiap hari.

Lomba kali ini temanya HGN 2017, yaitu peningkatan konsumsi sayur dan buah nusantara. Pihaknya mengajak murid SD untuk meningkatkan makan sayur dan buah.

"Kegiatan kali ini diikuti oleh 34 murid Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari 17 SD di Kecamatan Lubuk Sikaping. Masing-masing sekolah mengutus dua orang muridnya," sebutnya.

Sementara itu, Kepala TU RSUD Lubuk Sikaping, Ida Trisna mengungkapkan, saat ini minat masyarakat dalam mengkonsumsi sayur dan buah masih dinilai rendah. Maka, melalui lomba ini bisa mengenalkan sayuran dan buahan yang kaya akan manfaat.

Bukan sekedar lomba, tapi pihaknya memberikan edukasi mulai dari anak-anak peserta lomba. Lomba ini juga dimanfaatkan sebagai momen untuk mensosialisasikan pentingnya mengonsumsi sayur dan buah sebagai sumber kebutuhan gizi.

"Kita berharap makan sayur dan buah tidak hanya dalam lomba saja, tapi juga dilaksanakan setiap hari di rumah. Sebab, sangat banyak manfaatnya" sebutnya.

Sedangkan, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, pentingnya mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman harus terus disosialisasikan pada masyarakat terutama ... Baca halaman selanjutnya