Meriahkan HUT Pasaman Ke-72, Ratusan Warga Ikut Pawai Budaya

"Ratusan warga tersebut turun ke jalan dengan pakaian adat masing-masing"
Tampak masyarakat dadi berbagai pelosok daerah di Pasaman asik menikmati pawai dalam rangka HUT Kabupaten Pasaman ke 72 (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Ratusan masyarakat dari berbagai pelosok negeri turun ke jalan untuk memeriahkan HUT RI ke-72 tahun Kabupaten Pasaman, Senin 9 Oktober 2017.

Ratusan warga tersebut turun ke jalan dengan pakaian adat masing-masing, serta membawa komoditi kampungnya. Acara tersebut sengaja dikemas dalam bentuk pawai budaya.

Meski diguyur hujan sejak siang, namun ratusan peserta tetap bertahan di jalan menuju panggung kehormatan. Di tenda peserta telah ditunggu oleh Wakil Bupati (Wabup) Pasaman, Atos Pratama bersama anggota Muspida setempat, serta ratusan penonton.

Pawai budaya dimulai dari halaman kantor Bupati setempat, kemudian berjalan sampai didepan kantor Bank Nagari yang sengaja dibuat tenda kehormatan.

Di depan panggung, masing-masing peserta menampilkan keseniannya, mulai dari pencat silat, tari tradisional, juga berbagai kesenian lainnya. Bahkan, ada juga peserta juga membagi-bagikan hasil tanamannya, seperti mentimun kepada para pejabat Pemkab Pasaman.

Selain masyarakat, ratusan anak sekolah juga ikut memeriahkan pawai budaya tersebut. Para pelajar dari berbagai sekolah ikut juga menampilkan kebolehannya.

Wabup Pasaman, Atos Pratama mengapresiasi semangat masyarakat untuk memeriahkan HUT Pasaman dengan mengikuti pawai budaya. Ini untuk mendukung semangat masyarakat yang sangat tinggi.

"Apalagi masyarakat yang datang tersebut dari berbagai pelosok Pasaman. Saya sangat bangga dan bahagia melihat semangat warga Pasaman" sebutnya.

Kegiatan ini sudah menjadi kalender tetap bagi Pemkab Pasaman. Bahkan, setiap tahun akan dilaksanakan lebih meriah lagi.

[Man St Pambangun]