HUT Ke-72 Kabupaten Pasaman Diramaikan dengan Aksi Donor Darah oleh PMI

Salah seorang ASN Kabupaten Pasaman tengah melakukan donor darah
Salah seorang ASN Kabupaten Pasaman tengah melakukan donor darah (Ist)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman , Dinas Kesehatan dan Unit Transfusi Darah RSUD Lubuk Sikaping mengalang aksi donor darah , Senin 9 Oktober 2017 di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping.

Kegiatan donor tersebut dikemas dalam rangka memeriahkan HUT PMI ke-72 dan HUT Pasaman ke-72 tahun. Bahkan, langsung diikuti oleh Wakil Bupati Pasaman , Atos Pratama, Sekda Pasaman , M Saleh, Staf Ahli Bupati, kepala OPD dan ASN dan masyarakat.

baca juga: Seorang PDP di Pasaman Dimakamkan dengan Protap COVID-19

Wakil Bupati, Atos Pratama yang juga selaku Ketua PMI Pasaman mengungkapkan, hari ini adalah hari spesial bagi PMI di usianya yang sudah genap ke-72 tahun, karena hari ini dapat melaksanakan aksi sosial donor darah .

"Berbagai acara sudah dilaksanakan dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasaman ini. Selain aksi donor darah , ada juga lomba untuk meningkatkan kebiasaan makan sayur dan buah bagi kalangan pelajar sekolah dasar, serta puluhan acara lainnya," sebut Atos.

baca juga: Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

Ia berharap, di usia PMI yang menginjak 72 tahun, PMI terus bekerja sungguh-sungguh dan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Semoga PMI semakin baik dan dapat melaksanakan misi kemanusiaan yang diemban kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia mengimbau seluruh masyarakat agar senantiasa bersikap siap dan siaga terhadap segala kemungkinan bencana alam yang terjadi di daerah.

baca juga: Akui Kesalahan, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf

"Berbagai kemungkinan bencana, seperti longsor, banjir, kebakaran ataupun gempa bumi bisa saja terjadi kapan saja. Hal itulah yang  kesiagaan kita bersama," ucapnya.

PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang bersentuhan langsung, dengan memberikan pertolongan masyarakat diharapkan, terus menunjukkan kiprahnya dengan tanpa pamrih. Oleh karena itu, PMI harus terus bergerak untuk menolong masyarakat.

baca juga: Langgar PSBB dan Maki-maki Petugas di Agam, Kader Gerindra Pasaman Diberi Peringatan

Ia juga memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus, serta relawan PMI Pasaman yang sudah aktif bergerak dalam aksi sosial daerah tersebut.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medis (Yanmed) RSUD Lubuk Sikaping, Dr. Rahadian Suryanta mengungkapkan bahwa, saat ini rumah sakit Lubuk Sikaping memang sangat membutuhkan darah. Karena rumah sakit ini merupakan tempat rujukan bagi puskesmas lain yang ada di Pasaman .

Dalam satu bulan, rumah sakit membutuhkan sekitar 100 kantong darah yang dibutuhkan pasien. Untuk satu orang pasien saja, minimal bisa membutuhkan darah 3 hingga 5 kantong darah.

Untuk itu, Rahadian mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN, dan masyarakat yang telah mendonorkan darahnya guna membantu warga yang membutuhkan.

[Man St Pambangun]

Penulis: Webtorial