Pembuatan Bata Berkualitas untuk Bangunan yang Aman dan Melindungi

"Material bangunan, khususnya batu-bata atau yang sering akrab kita dengar dengan istilah bata, merupakan salah satu material inti yang menentukan ketahanan sebuah bangunan dalam menghadapi goncangan akibat gempa "
Proses pembuatan bata berkualitas untuk bangunan yang aman gempa dan bencana lainnya (Ist)

KLIKPOSITIF - Positifers, rumah/bangunan adalah tempat untuk berteduh, berlindung dan berkumpul bersama keluarga, teman dan kerabat. Dalam kondisi apapun, setiap orang pasti ingin selalu pulang ke rumah setelah bepergian kemana saja dan seperti ungkapan yang selalu kita dengarkan “home sweet home”. Agar hunian terasa lebih nyaman dan menghadirkan sensasi yang aman, maka dibutuhkan penggunaan material yang berkberkualitas untuk memberikan jaminan atas hal tersebut salah satunya adalah batu bata.

Material bangunan, khususnya batu-bata atau yang sering akrab kita dengar dengan istilah bata, merupakan salah satu material inti yang menentukan ketahanan sebuah bangunan dalam menghadapi goncangan akibat gempa maupun bencana alam lainnya. BSNI (Badan Standar Nasional Indonesia) telah membuat standar bata berkualitas, dimana salah satu syarat mutu bata sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah Kuat Tekan, dengan nilai Kuat Tekan minimal sebesar 50 Kg/cm2 atau 5 MPa (SNI 15-2094-2000).

Untuk menghasilkan produksi bata yang dapat memenuhi standar mutu dimaksud, khususnya dalam nilai Kuat Tekan minimum, diperlukan proses pembuatan bata yang baik dan benar dimana jika seluruh proses dilaksanakan secara konsisten, maka hasil yang diperoleh akan sesuai dengan syarat SNI tersebut Berikut ini penjelasan dan tahapan dalam pembuatan bata berdasarkan hasil reseach/penelitian yang dilakukan oleh Build Change, utamanya terkait dengan nilai Kuat Tekan lebih dari 5 MPa (Mega Pascal) sesuai persyaratan SNI.

I. PEMILIHAN LOKASI

Perlu diingat bahwa lokasi yang tepat sangat mempengaruhi proses produksi untuk menghasilkan bata yang berkwalitas, ... Baca halaman selanjutnya