Atos Pratama: Kenalkan Kesenian dan Budaya Daerah Sejak Dini pada Anak

"Perkenalkan budaya dan kesenian kepada anak-anak kita sejak dini, sehingga mereka tau tentang budaya dan keseniannya sendiri"
Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wabup Pasaman Atos Pratama saat berfoto bersama dengan puluhan anak PAUD (Ist)

PASAMAN,KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama meminta kepada semua pihak untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional minangkabau.

"Perkenalkan budaya dan kesenian kepada anak-anak kita sejak dini, sehingga mereka tau tentang budaya dan keseniannya sendiri" ujar Atos Pratama.

Atos Pratama mencontohkan budaya yang dikenalkan itu, seperti tari piring yang merupakan tari tradional minangkabau. Ajarkanlah kepada anak-anak PAUD.

Hal ini karena, pelestarian budaya dan kesenian ini merupakan salah satu visi dan misi Pemkab Pasaman dibawah kepemimpinannya bersama Bupati Yusuf Lubis. Visi dan misi tersebut mewujudkan masyarakat Pasaman sejahtera, agamis dan berbudaya.

Menurut Atos, walaupun perkembangan ilmu teknologi yang sudah semakin canggih, tapi ia berharap budaya daerah kita jangan terlupakan.

"Harapan saya, anak usia dini adalah masa perkembangan yang penting, menurut para ahli usia 0-5 tahun adalah masa perkembangan emas dan pencapaian 100 tahun Indonesia merdeka" sebutnya.

Menurut hasil sensus penduduk, pada 2010 jumlah anak usia 3-6 tahun pada tahun 2016 berjumlah 18,95 juta orang di Indonesia. Pada tahun 204,5 usia mereka akan mencapai 32-35 tahun, usia ini adalah usia masuk dalam angkatan kerja produktif.

Dan angkatan kerja ini, jika di persiapkan dengan baik sejak dini akan menjadi modal pembangunan. Tapi sebaliknya jika tidak di persiapkan dengan baik, justru kelak akan menjadi beban pembangunan.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling mendasar. Dan PAUD yang berkualitas akan sangat berkontribusi terhadap kualitas pendidikan pada jenjang selanjutnya.

Dengan di dukung program satu Jorong satu PAUD yang telah dicanangkan sejak tanggal 2 Mei 2011 lalu, pertumbuhan lembaga PAUD sangat pesat di Kabupaten Pasaman.

Tercatat pada saat ini ... Baca halaman selanjutnya